Sambil Menonton Wayang Kulit Sekaligus Jaga Persatuan Warga Serdangbedagai

Senin, 05 Januari 2015 - 11:38 WIB
Sambil Menonton Wayang Kulit Sekaligus Jaga Persatuan Warga Serdangbedagai
Sambil Menonton Wayang Kulit Sekaligus Jaga Persatuan Warga Serdangbedagai
A A A
SERDANGBEDAGAI - Warga Desa Pergulaan, Kecamatan Sei Rampah, Kabupaten Serdangbedagai (Sergai) pada Sabtu (3/1) malam menikmati hiburan wayang kulit.

Gelaran seni budaya ini dalam rangka temu kangen budaya itu diawali kenduri bersama. Acara sebenarnya sudah berlansung sejak siang hari saat kendurian. Bupati Soekirman yang mendengar ada acara seni budaya itu langsung meluncur ke lokasi.

Orang nomor satu Sergai inipun disambut tarian blambangan cakil serta tari arjuna dan srikandi. Tak ada istilah jaim (jaga imej), Soekirman langsung berbaur bersama ratusan warga. Ada juga beberapa tokoh masyarakat, kelompok tani.

Plt Kepala Desa Pergulakan Romian Siagian, bersama Camat Sei Rampah Dimas Kurnianto. Terlihat juga Kabag Kessos Nasrul Azis Siregar, serta Kadis Pariwisata Pemuda dan Olahraga (Parbudpora) Henri Suharto. Mereka semuanya berbaur, menikmati acara. “Kami merasa bangga. Tujuan kegiatan ini digelar agar seni budaya dapat terus lestari,” ucap Rasiman, warga setempat.

Sementara itu, Bupati Soekirman mengatakan,acar seni budaya ini bagus untuk menjaga persatuan dan kebersamaan. “Persatuan dan kebersamaan ini adalah energi penyemangat untuk membangun Sergai, Kabupaten bermotto Tanah Bertuah Negeri Beradat,” katanya.

Oleh sebab itu seluruh masyarakat diharapkannya untuk terus bergiat melestarikan budaya, tak hanya sekedar seremonial belaka.Apalagi Sergai di 2015 ini memasuki usia ke11.

Erdian Wirajaya
(ftr)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.5488 seconds (0.1#10.140)