Tim Tinju Jabar Dijajal Korsel

Senin, 05 Januari 2015 - 10:57 WIB
Tim Tinju Jabar Dijajal Korsel
Tim Tinju Jabar Dijajal Korsel
A A A
BANDUNG - Untuk memperkokoh mental bertanding para petinju jelang pelaksanaan PON XIX/2016, tim tinju Jabar akan menggelar sparing partnerdengan para petinju profesional asal Korea Selatan, 8 Januari hingga 3 Februari mendatang.

Tiga sasana tinju asal Korea Selatan itu, di antaranya berasal Gyeongsanbuk Do yang tengah mempersiapkan diri tampil di Kejuaraan Nasional Korsel. Lalu, tim tinju dari Youngju City yang sedang mempersiapkan diri menuju World Boxing Championship 2015 di Qatar, dan tim tinju dari Dong Yang University Korea Selatan.

Pelatih tinju Jabar asal Korsel, Cheon In Ho mengatakan, kedatangan tiga tim tinju Negeri Ginseng selain dalam rangka perrsiapan mereka menghadapi ajang nasional dan intenasional, juga sebagai ajang survei menjelang Asian Games 2015 dimana Indoneaia jadi tuan rumah.

“Selama tiga tim asal Korea itu di Jabar, kami akan saling melengkapi. Akan saling belajar dari mereka, begitu juga mereka akan mempelajari tim Jabar untuk melengkapi kekurangan mereka,” tegasnya. Sedangkan bagi Jabar, kata Cheon, kesempatan berharga itu akan dimanfaatkan sebaik mungkin guna meningkatkan fisik dan mempertebal mental para petinju menjelang PON 2016.

Sebab dia menilai, meski dari segi teknik sudah lumayan bagus, namun dari sisi mental masih kurang. Uji coba ini dilakukan setelah sebelumnya para atlet Jabar ini digenjot latihan selama tiga bulan di Korsel, dan saat ini sudah terlihat peningkatan kemampuan mereka. Namun modal itu saja belum cukup, kata Cheon, masih banyak yang harus dibenahi lagi guna memperkuat kemampuan yang dimiliki atlet.

“Banyak peningkatan, namun karena regulasi penilaian berubah, jadi fisik mereka harus ditingkatkan dan yang terpenting adalah pembentukan mental mere - ka yang masih jelek,” ujarnya. Untuk itu dengan datangnya tiga tim tinju asal Negeri Ginseng itu, Cheon akan memperbanyak pengalaman bertanding para petinju Jabar supaya kekuatan fisik dan mental mereka meningkat dengan sistem latihan sirkuit.

“Tiga tim tinju ini bagusbagus. Seperti halnya dari Youngju City yang sedang memperaiapkan diri menuju kejuaraan dunia, dan jika menang akan berlanjut ke Olimpiade. Jadi petinju Jabar ini jangan cuman ngomong saja, buktikan nanti di atas ring saat menjalani latih tanding. Ini pembelajaran berharga buat mereka, harus dirasakan keku - rangan dan kelebihan nya,” pungkasnya.

Panji Qadhafi
(ftr)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.6097 seconds (0.1#10.140)