Tangkubanparahu Waspada, Warga Diimbau Siaga

Sabtu, 03 Januari 2015 - 01:02 WIB
Tangkubanparahu Waspada, Warga Diimbau Siaga
Tangkubanparahu Waspada, Warga Diimbau Siaga
A A A
SUBANG - Ribuan warga Desa Ciater, Kecamatan Ciater, Subang, diimbau bersiaga menyusul ditetapkannya status Gunung Tangkubanparahu naik dari normal menjadi waspada level II oleh Pusat Vulkanologi Mitigasi dan Bencana Geologi (PVMBG).

Pasalnya, Desa Ciater merupakan wilayah terdekat dengan gunung yang populer dengan legenda Sangkuriang dan Dayang Sumbinya itu.

"Siaga harus, tapi jangan panik dan selalu koordinasi dengan kami," ujar Camat Ciater, Vino Subriadi, saat dihubungi sindonews.com, Jumat (2/1/2014).

Di wilayah desa tersebut, kata dia, ada dua kampung yang paling rawan terdampak jika situasi gunung memburuk, yakni Kampung Cicenang dan Dawuan. Sebab, lokasi kedua kampung itu sangat dekat dengan kawah utama dan berada di jalur aliran lava (lahar).

Karena itu, untuk mengantisipasi hal-hal yang tidak diharapkan, pihaknya bersama Satuan Pelaksana Penanggulangan Bencana dan Pengungsi (Satlak PBP) Kabupaten Subang, sudah menyiapkan jalur evakuasi bagi warga.

"Jalur evakuasinya mulai dari Kampung Cicenang menuju utara, dan dipusatkan di kantor Kecamatan Ciater,"tuturnya.

Selain itu, pihaknya juga mengeluarkan surat imbauan kepada masyarakat, yang isinya meminta mereka tetap tenang, tetap beraktivitas normal, tidak panik, dan mengabaikan informasi dari luar yang tidak jelas.
(lis)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.3443 seconds (0.1#10.140)