Enam Camat Terima Penghargaan Raskin Award

Jum'at, 02 Januari 2015 - 11:49 WIB
Enam Camat Terima Penghargaan...
Enam Camat Terima Penghargaan Raskin Award
A A A
MEDAN - Wali Kota Medan, Dzulmi Eldin, memberikan piagam penghargaan dan hadiah bagi kecamatan terbaik atas penyaluran beras untuk orang miskin (raskin) tahun 2013 di Kota Medan.

Pemberian reward ini dilakukan di pendopo rumah dinas wali kota, Jalan Sudirman, Medan, Rabu (31/12). Kecamatan Medan Belawan ditetapkan sebagai juara pertama dalam penyaluran raskin. Untuk posisi juara kedua diraih Kecamatan Medan Selayang, dan Kecamatan Medan Perjuangan menempati juara ketiga.

Kemudian diikuti Kecamatan Medan Amplas sebagai juara harapan pertama, Kecamatan Medan Maimun sebagai juara harapan kedua, dan juara harapan ketiga ditempati Kecamatan Medan Area.

Menurut Eldin, pemberian piagam penghargaan ini dilakukan untuk memotivasi para camat beserta seluruh jajarannya supaya bekerja lebih baik lagi dalam penyaluran raskin kepada masyarakat di wilayah kerjanya masing-masing. Sebab, penyaluran raskin berperan besar menekan kenaikan harga beras di pasaran, khususnya menjelang hari besar keagamaan, dan dapat menekan kenaikan inflasi Kota Medan.

“Camat sebagai penanggung jawab penyaluran raskin di wilayahnya bersama lurah. Saya minta benar-benar turun ke bawah mengawasi setiap penyalurannya. Yang paling penting lagi untuk diingat dan tidak dilanggar, aparatur tidak dibenarkan menaikkan harga beras dengan alasan apapun,” ungkap Eldin.

Mantan sekda Kota Medan ini mengingatkan para camat terus meningkatkan kinerjanya. Jadi, Kota Medan berada dalam posisi sepuluh kabupaten/- kota terbaik di Indonesia dalam penyaluran raskin. “Semoga penghargaan dapat memotivasi para camat untuk berbuat lebih baik lagi, terutama bagi kecamatan yang masih ada catatan-catatan kekurangannya. Saya harapkan agar dapat memaksimalkan kinerjanya,” ujarnya.

Sebelum mengakhiri sambutannya, Eldin mengungkapkan, Pemko Medan tahun 2014 tetap melaksanakan penyaluran raskin kepada masyarakat kurang mampu dengan jumlah sasaran sama dengan tahun l-alu, yaitu 73.110 rumah tangga sasaran (RTS).

Demikian juga untuk tahun mendatang, program ini tetap dijalankan kepada keluarga kurang mampu. Sementara Kabag Administrasi dan Perekonomian Kota Medan, Dahnar Siregar, mengatakan, Pemko Medan bekerja sama dengan Bulog Wilayah I Medan telah melaksanakan penyaluran raskin kepada 73.110 RTS.

Masing-masing RTS memperoleh 15 kg/KK/bulan dengan harga Rp1.600/kg. Raskin itu disalurkan di 21 kecamatan dan 148 kantor lurah sebagai distribusi kepada RTS dengan waktu penyaluran selama 12 bulan raskin reguler, dan tiga bulan raskin tambahan. “Untuk tahun 2015 sesuai pagu yang ditetapkan gubsu, Pemko Medan mendapat alokasi 73.110 RTS,” paparnya.

Terkait dengan pemberian reward kepada kecamatan terbaik penyaluran raskin, penilaiannya dilakukan tim raskin yang mengacu empat kategori, yaitu penyaluran lancar, pembayaran lancar, administrasi lancar dan koordinasi lancar.

Tujuan pemberian reward ini untuk memberikan motivasi kepada kecamatan dalam rangka tercapainya indikator 6 tepat, yaitu tepat sasaran, tepat waktu, tetap jumlah, tepat harga, tepat administrasi, dan tepat kualitas.

Lia Anggia Nasution
(ftr)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.1081 seconds (0.1#10.140)