Pemkab Siapkan 32 Hektare untuk Relokasi

Sabtu, 27 Desember 2014 - 12:44 WIB
Pemkab Siapkan 32 Hektare untuk Relokasi
Pemkab Siapkan 32 Hektare untuk Relokasi
A A A
BANTUL - Pemkab Bantul mulai bersiap-siap melakukan penutupan tambak-tambak udang di sepanjang pantai selatan Bantul.

Mereka akan mulai melakukan penutupan tambak udang pada 31 Desember 2014, sesuai dengan apa yang menjadi komitmen mereka sebelumnya. Bupati Bantul Sri Suryawidati mengatakan, pemkab sudah menyiapkan lahan untuk relokasi tambak-tambak udang yang akan ditutup tersebut. Rencananya ada sekitar 32 hektare lahan pasir di kawasan Dusun Wonoroto, Desa Gadingsari, Kecamatan Sanden akan dijadikan lokasi tambak udang yang baru hasil dari relokasi.

Pihaknya mengklaim sudah berkoordinasi dengan pihak Keraton Yogyakarta yang memang memiliki lahan tersebut. “Kami sudah berkoordinasi dengan Gusti Hadi sebagai Panitikismo,” tuturnya, kemarin.

Relokasi tersebut, kata dia, dianggap sebagai solusi terbaik. Artinya, tidak serta merta menutup tambak udang tersebut tanpa solusi. Karena biar bagaimanapun, Ida mengaku berhutang budi kepada para petambak karena mereka sudah berusaha secara mandiri tanpa menggantungkan bantuan dari Pemkab Bantul untuk memutar roda perekonomian di kawasan Pesisir Bantul.

Kepala Badan Perencanaan Pembangunan Daerah (Bappeda) Bantul Tri Saktiyana membenarkan jika pihaknya telah menyiapkan lahan untuk relokasi. Pertimbangan pemilihan lahan di Wonoroto karena lahan tersebut masih sepi dari aktivitas manusia, tidak melanggar sepandan pantai atau sepandan JJLS bahkan Sepandan Sungai. “Setidaknya ada 32 hektare kami siapkan. Itu bagi yang mau,” katanya.

Tri mengungkapkan, relokasi tersebut memang menjadi solusi terbaik bagi pengusaha tambak dibanding sekarang yang menyebar tanpa aturan. Karena dengan relokasi, usaha tambak akan terkonsentrasi di satu titik sehingga memudahkan koordinasi ke depannya nanti.

Berdasarkan data yang ada di Bappeda, setidaknya ada 225 petak tambak di Kecamatan Srandakan dengan luas area 23,22 hektare, 42 petak di Kecamatan Sanden dengan luas area 4,51 hektare, dan di Kretek ada 22,47 hektare. Total lahan yang digunakan untuk tambak udang dari Pantai Parangtritis hingga Pantai Baru Pandansimo ada 32 hektare lebih. Penutupan tersebut, pemkab akan melakukan skala prioritas dan masih memberi toleransi kepada beberapa tambak udang.

Untuk tahap pertama pihaknya akan segera melakukan penutupan tambak udang yang berada di zona Sepandan Jalur Jalan Lintas Selatan (JJLS).

Erfanto Linangkung/ ant
(ftr)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.4986 seconds (0.1#10.140)