Remaja Medan Mulai Gandrungi Musik Bergenre Rap

Jum'at, 26 Desember 2014 - 13:26 WIB
Remaja Medan Mulai Gandrungi Musik Bergenre Rap
Remaja Medan Mulai Gandrungi Musik Bergenre Rap
A A A
MEDAN - Puluhan peserta dari kalangan pelajar sekolah menengah pertama (SMP) dan sekolah menengah umum (SMU) mengikuti lomba rap di atrium Palaza Medan Fair, kemarin.

Advertising & Promotion Supervisor, Plaza Medan Fair, Tri Wahyudi, mengatakan, lomba ini diselenggarakan karena saat ini rapper di Kota Medan sudah mulai tren lagi di kalangan remaja. Terlebih warga Kota Medan, Indah Nevertari, berhasil memenangkan kompetisi ajang Rising Star Indonesia. Rap merupakan sebuah genre hip-hop.

Lomba ini merupakan rangkaian kegiatan Natal Meriah yang diselenggarakan Plaza Medan Fair sejak 14 Desember lalu hingga Minggu (28/12). Acara ini bekerja sama dengan event organizer Abracadabra dan sejumlah sponsor. “Natal ini kan tidak hanya untuk anak-anak dan ibu-ibu saja, tapi remaja juga.

Kemarin, kami sudah menyelenggarakan berbagai kegiatan untuk anakanak, lalu ada juga kegiatan ibu dan anak. Kami juga tidak mau ketinggalan menggelar acara untuk para remaja, makanya kami buat kegiatan lomba rap yang sedang tren saat ini,” ungkapnya, kemarin.

Founder Abra Kadabra, Irwan, menyebutkan, sebagai event organizer penyelenggaraan acara Natal Meriah bersama Plaza Medan Fair, sengaja memilih acara lomba rap karena belakangan ini mulai banyak bermunculan rapper-rapper muda. Namun, sangat jarang ada acara yang diselenggarakan khusus untuk para rapper.

“Dulu, rap ini sangat terkenal apalagi saat Iwa K masih eksis. Kemudian, sempat vakum dan sekarang ternyata mulai banyak lagi yang bermunculan. Mungkin ada juga pengaruhnya dengan fenomena Indah Nevertari pemenang Rising Star asal Medan, sehingga, anakmuda jadisuka ngerap,” katanya.

Pada acara ini, sebut Irwan, ada sekitar 40 peserta yang mendaftar untuk mengikuti lomba. Dari jumlah itu, ada tiga peserta dari perempuan. Nantinya, akan ada tiga besar yang dipilih sebagai pemenangnya. Pada acara ini, pemenang akan mendapatkan hadiah piala, uang tunai, dan suvenir dari para sponsor.

“Pada lomba rap ini, yang pasti kami akan menilai lirik lagunya. Kalau lagu yang dibawakan lagu sendiri maka ada nilai plusnya. Tapi kalau lagu orang lain, nilainya jadi minus. Setelah lirik, kami menilai dari sisi harmonisasi. Kemudian bit musiknya, dan yang tidak kalah pentingnya kami juga menilai kostum dan penguasaan panggung,” ucapnya.

Selain lomba rap, Plaza Medan Fair juga akan menyelenggarakan berbagai acara menarik lain dalam rangkaian kegiatan Natal Meriah. Tri Wahyudi menyebutkan, setelah lomba rap, hari ini, Jumat (26/12), akan menyelenggarakan lomba talent untuk remaja.

Jadi, bagi siapa yang memiliki talent unik boleh mengikuti lomba ini. Kemudian, Sabtu (27/12), akan ada lomba model remaja dan anak. Sedangkan Minggu (28/12), diakhiri dengan lomba mewarnai untuk anak TK.

Eko Agustyo fb
(ftr)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.6777 seconds (0.1#10.140)