Tak Hanya Gathering Tapi Juga Berbagi

Kamis, 25 Desember 2014 - 12:54 WIB
Tak Hanya Gathering Tapi Juga Berbagi
Tak Hanya Gathering Tapi Juga Berbagi
A A A
Komunitas sering kali menjadi wadah berkumpul bagi sesama pencinta hobi tertentu. Dengan menjadi komunitas, para anggotanya dapat berkumpul dan saling berbagi mengenai pengalamanpengalaman dan ilmu tentang hobi yang mereka tekuni.

Seperti salah satu komunitas mobil bernama Indonesian Mitsubishi Owners Club (IdMOC) ini. Sejak berdiri pada 6 Desember 2000 di Jakarta, komunitas ini kian besar dan tumbuh di berbagai daerah, termasuk Kota Semarang. “Komunitas ini berdiri sebagai wadah berkumpul bagi pemilik mobil merek Mitsubishi di Indonesia yang dibatasi pada jenis kendaraan nonniaga,” ungkap Ketua IdMOC Chapter Semarang, Andhika Setiawan, kepada wartawan, kemarin.

Komunitas ini berdiri didasarkan kebanggaan dan kepuasan mengendarai mobil Mitsubishi. Para pencinta merek mobil ini kemudian sering berkumpul dan menggelar “kopi darat”. “Akhirnya kami penggemar Mitsubishi di Semarang sepakat membentuk Chapter IdMOC. Setiap malam Sabtu kami selalu menggelar kopi darat di Jalan Pemuda Semarang,” tuturnya.

Di setiap pertemuan, para anggota selalu bertukar informasi. Salah satu keuntungannya adalah saling berbagi tentang cara perawatan mobil masing-masing dan menemukan suku cadang yang terkadang sulit didapat di Kota Semarang.

“Bisa dapat informasi mengenai spare part , rekomendasi bengkel rujukan dan keluhan mesin. Selain itu bisa saling berbagi pengalaman mengenai modifikasi mesin, eksterior dan interior dari ringan hingga spesifikasi kompetisi meliputi body convert, porting polish , swap engine dan sebagainya,” katanya.

Selain kegiatan tersebut, IdMOC juga sering mengajak anggotanya menggelar kegiatan sosial. Dalam acara touring ataupun ghatering , para anggota sering menggelar acara bakti sosial berupa pemberian sembako kepada masyarakat yang membutuhkan, bantuan kepada panti asuhan, serta gerakan peduli lingkungan.

“Setiap acara besar kami selalu selipkan kegiatan sosial. Biasanya kami menyalurkan bantuan kepada mereka yang membutuhkan, seperti korban bencana ataupun di pantipanti asuhan,” ungkapnya. Seperti beberapa waktu lalu, IdMOC menggelar sebuah acara di Taman KB Semarang. Dalam kegiatan itu, seluruh anggota IdMOC Jateng berkumpul dan touring bersama.

“Selain kegiatan untuk anggota, kami juga memberikan bantuan kepada anak-anak panti asuhan di Kota Semarang. Intinya kami selalu menyisipkan kegiatan sosial pada event-event besar kami,” ucapnya. Komunitas IdMOC Chapter Semarang saat ini masih terbuka untuk umum. Bagi masyarakat pecinta mobil Mitsubishi ataupun yang hanya sebatas simpatisan, dapat menjadi anggota.

“Bagi siapa saja yang pencinta Mitsubishi, silakan bergabung dengan kami. Kami pastikan akan banyak manfaat yang dapat diperoleh. Tidak hanya yang memiliki mobil Mitsubishi, masyarakat umum yang memiliki kecintaan pada mobil ini juga boleh bergabung,” tandasnya.

Andika Prabowo
Kota Semarang
(ars)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 2.0843 seconds (0.1#10.140)