Sopir Bus di Terminal Leuwi Panjang Jalani Tes Urine

Rabu, 24 Desember 2014 - 14:21 WIB
Sopir Bus di Terminal Leuwi Panjang Jalani Tes Urine
Sopir Bus di Terminal Leuwi Panjang Jalani Tes Urine
A A A
BANDUNG - Badan Narkotika Nasional (BNN) Provinsi Jawa Barat bersama Dinas Perhubungan Jawa Barat melakukan pemeriksaan tes urine kepada sopir bus di Terminal Leuwi Panjang, Jalan Soekarno Hatta. Hasilnya, tak ditemukan awak bus yang terindikasi positif menggunakan narkoba.

Kabid Pemberantasan BNNP Jabar AKBP Dicky Sapta menuturkan, tes urine terhadap awak bus dilakukan jelang Natal dan Tahun Baru 2015. Hal ini untuk memberikan rasa aman dan nyaman kepada penumpang.

"Ini kegiatan yang rutin kita lakukan sepanjang tahun. Tidak hanya menjelang Lebaran, namun juga Natal dan Tahun Baru. Jadi kita periksa para pengemudi atau sopir bus AKDP dan AKAP demi keselamatan penumpang," katanya kepada wartawan, Rabu (24/12/2014).

Menurut Dicky, setiap sopir diperiksa kesehatannya dengan pengecekan tensi darah. Setelah itu, masing-masing akan diberikan botol sampel untuk dilakukan tes urine.

"Hasilnya bisa diketahui saat itu juga. Seandainya positif akan kita proses dan periksa untuk mengetahui sejauh mana dia memakai. Namun untuk pemeriksaan hari ini tidak ada yang terindikasi positif menggunakan narkoba," katanya.

Sementara itu Kepala UPT Terminal Dinas Perhubungam Kota Bandung Iya Sunarya mengatakan, tes urine sengaja dilakukan menjelang keberangkatan bus, untuk mengetahui kondisi terkini sang sopir.

"Sopir ini kondisinya bagaimana, siap tidak mengemudikan kendaraannya. Jadi bukan hanya fisik bus saja yang diperiksa, tetapi juga fisik pengemudinya juga," ujar Iya kepada KORAN SINDO.

Menurut Iya, dari pemeriksaan yang dilakukan tahun ke tahun belum ada sopir bus yang terindikasi positif menggunakan narkoba. "Alhamdulillah negatif terus," katanya.
(zik)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.7973 seconds (0.1#10.140)