8.840 Personel Amankan Natal

Rabu, 24 Desember 2014 - 11:26 WIB
8.840 Personel Amankan...
8.840 Personel Amankan Natal
A A A
MEDAN - Tim gabungan Polri/TNI dan instansi pemerintahan Provinsi Sumatera Utara (Sumut) mengerahkan sebanyak 8.840 personel untuk pengamanan Natal dan Tahun Baru.

Jumlah itu terdiri dari 6.826 personel Polda Sumut; 334 personel TNI, Pengendali dan Pemadam Kebakaran (P2K) 280 personel; Dinas Pekerjaan Umum (PU) 130 orang; Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol PP) 440 orang; Dinas Perhubungan (Dishub) 550 orang; Dinas Kesehatan (Dinkes) 60 orang; dan Pramuka sebanyak 220 orang.

Kepala Kepolisian Daerah (Kapolda) Sumut, Irjen Pol Eko Hadi Sutedjo, mengatakan, pengerahan pasukan itu untuk pengamanan gereja dan tempattempat beribadah, baik menjelang, pada saat, maupun setelah pelaksanaan perayaan Natal dan Tahun Baru.

“Di setiap gereja dan tempat-tempat pelaksanaan ibadah akan dijaga, termasuk pengamanan distrik logistik (sembako) dan bahan bakar minyak (BBM),” katanya saat gelar pasukan Operasi (Ops) Lilin Toba2014diLapanganKS Tubun Polda Sumut, Selasa (23/12).

Irjen Pol Eko Hadi Sutedjo menuturkan, tim gabungan juga disiagakan untuk pelayanan masyarakat, khususnya yang akan mudik. Pihaknya telah menyiapkan 119 pos pelayanan yang terdiri dari 106 pos pengamanan (pospam) dan 13 pos pelayanan (posyan). Selain itu, tim gabungan melakukan pengamanan di jalur-jalur lalu lintas menuju tempat wisata seperti Kabupaten Karo dan Samosir. “Semua akan kami amankan, termasuk masyarakat yang akan berwisata,” ujarnya.

Kepala Bidang (Kabid) Humas Polda Sumut, Ajun Komisaris Besar Polisi (AKBP) Helfi Assegaf, menambahkan, di Sumut terdapat beberapa lokasi rawan bencana alam, seperti tanah longsor dan rawan banjir.

Khusus yang rawan longsor berada di wilayah Medan, Karo, Tapanuli Utara (Taput), Dairi, Toba Samosir (Tobasa), Humbang Hasundutan (Humbahas), Pakpak Bharat, Sibolga, Tapanuli Tengah (Tapteng), dan Mandailing Natal (Madina).

Sementara daerah rawan banjir di 13 titik, yakni Medan, Deliserdang, Langkat, Labuhanbatu, Madina, Serdangbedagai (Sergai), dan Belawan. Di Sumut juga terdapat 46 titik rawan kecelakaan lalu lintas di 15 satuan wilayah (satwil).

“Ada juga rawan macet di tujuh titik, khususnya Medan, Deliserdang, Sergai, Karo, dan Binjai. Ops Lilin ini dimulai pada Rabu (24/12) pukul 00.00 WIB. Yang perlu diingat, pada Ops Lilin ini kami utamakan pelayanan dengan mengedepankan kegiatan preventif didukung penegakan hukum,” ucapnya.

Terpisah, Kapolresta Medan, Kombes Pol Nico Afinta, menuturkan, Polresta Medan menyiapkan 1.800 personel untuk pengamanan Natal. Jumlah itu terdiri dari seluruh satuan, baik sabhara, reserse, intel, dan lainnya. “Personel disiagakan guna memberi rasa aman dan nyaman bagi masyarakat yang merayakannya,” tuturnya.

Polresta Medan memfokuskan pengamanan di 14 gereja besar di Medan, di antaranya Gereja HKBP, Katedral, dan Kristus Raja. Namun, pihak kepolisian tetap melakukan pengamanan di gereja lain. Apalagi, sudah ada beberapa tempat ibadah yang menyampaikan permohonan pengamanan.

Sementara Kapolres Deliserdang, AKBPMedi Faryadi, mengatakan, untuk pengamanan dalam menyambut perayaan Natal dan Tahun Baru 2015, telah disiagakan 565 personel gabungan Seluruhnya disebar dienam pospam.

Di Sergai, Kapolres Sergai, AKBP B Anies Purnawa, memaparkan, untuk Ops Lilin kali ini ada 185 personel yang diturunkan. Mereka nantinya akan bergabung dengan delapan personel TNI, ditambah lagi delapan personel Satpol PP, delapan staf Dishub, dan enam anggota Dinkes. Pengamanan Natal 2014 dan Tahun Baru 2015 juga melibatkan elemen masyarakat lainnya, seperti pramuka dan Sentral Komunikasi Mitra Polri.

Sementara Polres Labuhanbatu menyiagakan 412 personel anggota polisi untuk pengamanan pelaksanaan ibadah Natal di tiga kabupaten di Labuhanbatu Raya. Kapolres Labuhanbatu, AKBP Teguh Yuswardie, mengatakan, 412 personel itu akan disebar di gereja yang ada di Kabupaten Labuhanbatu, Kabupaten Labuhanbatu Utara (Labura) dan Kabupaten Labuhanbatu Selatan (Labusel) untuk mengamankan ibadah perayaan Natal.

Di tiga kabupaten ini, Polres Labuhanbatu mendirikan tujuh pospam dan satu posyan, yaitu di Kota Pinang, Kabupaten Labusel.

Frans Marbun/ Dody Ferdiansyah/ M Andi Yusri/ erdian Wirajaya/ Sartana Nasution
(ftr)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 1.4480 seconds (0.1#10.140)