Bandel, Lapak PKL Kartini Diangkut Satpol PP

Rabu, 24 Desember 2014 - 11:01 WIB
Bandel, Lapak PKL Kartini...
Bandel, Lapak PKL Kartini Diangkut Satpol PP
A A A
SEMARANG - Sejumlah lapak pedagang kaki lima (PKL) yang masih nekat berjualan di sepanjang Jalan Kartini ditertibkan petugas Satpol PP. Lokasi tersebut telah disterilkan dari PKL sejak beberapa bulan lalu.

Pantauan KORAN SINDO di lapangan, beberapa lapak pedagang yang berjualan di pinggir jalan diangkut paksa oleh petugas. Barang-barang itu kemudian diangkut ke dalam truk yang telah disiapkan. Tidak ada perlawanan dari para pedagang. Mereka hanya berusaha menyelamatkan barang-barang dagangannya.

“Ini bentuk ketegasan kami kepada para PKL yang masih saja nekat berjualan di lokasi ini. Sebab, sesuai peraturan lokasi ini akan dikembalikan menjadi taman dan steril dari PKL,” kata Kepala Satpol PP Kota Semarang Endro PM saat ditemui di lokasi kemarin.

Pengangkutan lapak PKL tersebut merupakan bentuk keseriusan Satpol PP dalam menegakkan perda. Nanti barangbarang tersebut akan dibawa ke Kantor Satpol PP dan tidak boleh diambil kembali. “Tidak boleh diambil lagi, sebab ini sudah tindakan ketiga kalinya, tapi mereka terus membandel,” tandasnya.

Ke depan, pihaknya akan terus melakukan pengawasan secara intensif di lokasi itu. Jika ada pedagang yang kembali menempati akan langsung ditindak. “Kami berharap pedagang sadar dan tidak kembali nekat. Kan sudah diberikan lokasi yang lebih bagus, yakni di Pasar Karimata, jadi menurut kami tidak ada alasan mereka kembali menempati lokasi ini,” katanya.

Salah satu pedagang yang lapaknya diangkut, Sutar, 56, kecewa dengan langkah Satpol PP tersebut. Sebab, pengangkutan lapaknya membuatnya terancam kehilangan mata pencaharian. “Soalnya kami hanya ingin mencari makan. Kalau seperti ini kami tidak bisa berjualan lagi,” katanya.

Andika Prabowo
(ftr)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.1137 seconds (0.1#10.140)