Brimob Steril Gereja di Kulonprogo

Rabu, 24 Desember 2014 - 10:29 WIB
Brimob Steril Gereja di Kulonprogo
Brimob Steril Gereja di Kulonprogo
A A A
KULONPROGO - Aparat kepolisian gabungan dari Stabrimobda Polda DIY bersama dengan Polres Kulonprogo dan Polsek melakukan sterilisasi gereja yang ada di Kulonprogo.

Setidaknya ada enam gereja yang mendapatkan prioritas pengamanan menjelang perayaan Natal. Kepolisian akan menempatkan personelnya untuk memberikan keamanan kepada para jemaat. Kapolres Kulonprogo AKBP Yulianto mengatakan enam gereja ini, dua di antara berada di Wates, yakni Gereja Kristen Jawa dan Gereja Katolik Bunda Penasehat Baik. Selain itu, ada dua gereja di Kalibawang, Nanggulan, dan Sentolo.

Mulai kemarin tim Gegana Polda DIY melakukan penyisiran dan sterilisasi gereja dan kompleks gereja menggunakan metal detektor maupun mengecek semuaruangan. Diluarenamgereja tadi juga akan dilakukan sterilisasi oleh polisi dari Polres Kulonprogo dan polsek. “Kita ingin memberikan jaminan perayaan natal dan memberikan rasa nyaman bagi mereka beribadah. Makanya kita lakukan penyisiran,” kata kapolres di sela-sela sterilisasi gereja kemarin.

Khusus untuk melakukan pengamanan gereja dan tempat ibadah, Polres Kulonprogo juga menyiagakan 230 personelnya dalam operasi Lilin Progo 2014 ini. Mereka mulai melakukan tugas pengaman kemarin sampai dengan 2 Januari mendatang.

Polisi juga melakukan komunikasi dengan pihak gereja dan pengelola. Mereka akan aktif melakukan pantauan pada perayaan. Para jemaat juga diminta memenuhi aturan yang ada dan tidak perlu membawa barang yang berlebihan. “Pengamanan ini akan dilakukan di dalam gereja dan di luar gereja,” ucapnya.

Wakil Ketua II Dewan Paroki Santa Maria Penasehat Baik, Wates Antonius Wuryadi mengaku senang dengan kegiatan ini. Setidaknya akan memberikan kenyamanan kepada para jemaat dalam melaksanakan misa dan kebaktian.

kuntadi
(ftr)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 1.9283 seconds (0.1#10.140)