2.000 KK di Bantul Terancam Longsor

Sabtu, 20 Desember 2014 - 03:08 WIB
2.000 KK di Bantul Terancam...
2.000 KK di Bantul Terancam Longsor
A A A
BANTUL - Sebanyak 15 desa yang berada di enam kecamatan, Kabupaten Bantul, rawan longsor lantaran beberapa wilayah berada di kawasan perbukitan dengan kemiringan 40 - 60 derajat. Sehingga kewaspadaan dini harus terus diingatkan oleh pihak-pihak terkait.

Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Bantul, Dwi Daryanto, menyatakan sebanyak 2.000 kepala keluarga (KK) berada di daerah tersebut. "Enam kecamatan tersebut masing-masing Piyungan, Dlingo, Pleret, Kasihan dan Kretek serta Pundong," tuturnya.

Berbagai upaya terus dilakukan untuk meminimalisir jatuhnya korban jiwa ketika terjadi longsor. Namun upaya relokasi sebagian belum bisa dilakukan mengingat besarnya anggaran dan seringnya mendapat penolakan dari warga.

Namun demikian, pihak BPBD terus menghimbau kepada warga yang berada di kawasan rawan bencana untuk meningkatkan kewaspadaan. Warga diimbau ketika hujan deras turun, maka diharapkan warga untuk sementara mengungsi di tempat yang aman.

"Mereka juga kami imbau untuk menyimpan benda-benda berharga di tempat yang aman. Dan sewaktu-waktu terjadi bencana bisa diselamatkan," terangnya. Untuk proses peringatan dini dan penyelamatan ketika bencana, BPBD menyerahkannya ke masyarakat sesuai dengan kearifan lokal.

Biasanya masyarakat menggunakan peringatan berupa pemukulan kentongan ketika terjadi sesuatu.
Dan untuk meningkatkan kesiapsiagaan di lokasi bencana, pihaknya menyelenggarakan simulasi bencana tanah longsor.
(lis)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 1.1678 seconds (0.1#10.140)