Lembaga Konseling Anak Perlu Dihadirkan

Jum'at, 19 Desember 2014 - 13:54 WIB
Lembaga Konseling Anak Perlu Dihadirkan
Lembaga Konseling Anak Perlu Dihadirkan
A A A
SIMALUNGUN - Pemkab Simalungun didorong memfasilitasi terbentuknya lembaga konseling korban kekerasan dan pelecehan seksual terhadap anak mulai di ibu kota kabupaten hingga kecamatan.

Penasihat Gabungan Organisasi Wanita (GOW) Kabupaten Simalungun, Erunita JR Saragih, mengatakan, lembaga konseling sangat dibutuhkan terutama untuk memberikan perlindungan dan bantuan hukum terhadap anak-anak yang menjadi korban kekerasan dan pelecehan seksual. “Saya berharap Pemkab Simalungun memfasilitasi pembentukannya,” ujarnya kepada KORAN SINDO MEDAN, kemarin.

Dia mengatakan hal ini usai membuka sosialisasi Instruksi Presiden (Inpres) No.5 tahun 2014 tentang Gerakan Nasional Antikekerasan Seksual Terhadap Anak, di Gedung Dharma Wanita Persatuan (DWP) Kabupaten Simalungun, Pamatang Raya.

Erunita mengatakan, selama ini cukup banyak orang tua yang menutupi kasus pelecehan atau kekerasan yang dialami anak karena malu, sehingga anak harus menanggung derita yang berkepanjangan bahkan mengancam kelangsungan masa depannya.

Sementara itu, Kepala Bagian Perlindungan dan Kesejahteraan Anak Biro Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak Provinsi Sumatera Utara, Burhan, selaku narasumber dalam kegiatan itu menyampaikan, kekerasan terhadap anak akhir-akhir ini sudah sangat memprihatinkan.

Bahkan, mengarah perusakan moral terhadap anak, sehingga harus menjadi perhatian serius oleh pemerintah.

Ricky Hutapea
(ftr)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 1.0973 seconds (0.1#10.140)