Tim Undip Sabet Juara I Debat Nasional di Malang

Kamis, 18 Desember 2014 - 14:16 WIB
Tim Undip Sabet Juara I Debat Nasional di Malang
Tim Undip Sabet Juara I Debat Nasional di Malang
A A A
SEMARANG - Tim dari Universitas Diponegoro (Undip) Semarang berhasil meraih juara I pada Kompetisi Debat Brawijaya IV (KDB IV) yang diselenggarakan oleh Eksekutif Mahasiswa Universitas Brawijaya (Unibraw) Malang, belum lama ini.

Tim yang berasal dari delegasi Fakultas Hukum (FH) Undip yang diwakili oleh Kelompok Riset dan Debat FH Undip (KRD FH Undip) itu berhasil mengalahkan tim-tim lain dari berbagai perguruan tinggi lainnya di Indonesia. “Selain berhasil menyabet juara I, FH Undip juga memboyong gelar dan piala best speaker atau pembicara terbaik yang diraih oleh Raesa Astiti Putri, mahasiswi FH Undip angkatan 2012.

Delegasi FH Undip yang bertanding pada KDB IV itu, terdiri atas Bondan Ferry, Raesa Astiti Putri, dan Tutut Ferdiana Mahita Paksi, serta satu orang manajer, yaitu Carlo Diori Tonio yang juga merupakan Direktur Eksekutif KRD FH Undip,” kata Plt Kepala Humas Undip Rini Handayani, kemarin.

Tema KDB IV tersebut, adalah “Membangun Kemandirian Bangsa dan Ketahanan Nasional Menuju Indonesia Emas.” Pada kompetisi yang diikuti oleh 24 tim dari berbagai perguruan tinggi itu, tim dari Undip harus berhadapan dengan Universitas Airlangga (Unair) serta Institut Pertanian Bogor (IPB) pada babak penyisihan.

“Usai lolos dari babak penyisihan, tim Undip bertemu dengan tim dari UGM dan juga Unair. Kemudian usai mengalahkan tim dari Universitas Sebelas Maret (UNS), tim Undip berhasil meraih juara I setelah pada babak final dengan mosi perdebatan Pembubaran Quick Count Dalam Agenda Pemilu, di mana delegasi Undip berdiri sebagai tim Pro,” katanya.

Sebelum berjaya pada KDB IV itu, tim Undip juga berhasil menjadi Juara II pada kompetisi debat Sciencesational 2014 di Universitas Indonesia, juara I pada kompetisi debat Dr. Mochtar Riady Law Fair di Universitas Pelita Harapan, dan juara II pada kompetisi debat Mahkamah Konstitusi.

“Untuk yang di KDB IV di Malang itu seperti sebuah penutup yang manis di tahun 2014 bagi prestasi tim dari KRD FH Undip ini,” paparnya.

Susilo Himawan
(ftr)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.4804 seconds (0.1#10.140)