Sampah Berserakan di RSUD Pirngadi Medan

Kamis, 18 Desember 2014 - 13:56 WIB
Sampah Berserakan di...
Sampah Berserakan di RSUD Pirngadi Medan
A A A
MEDAN - Kesadaran warga membuang sampah pada tempatnya ternyata masih minim. Kondisi ini terlihat di lingkungan Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) dr Pirngadi Medan.

Meskipun setiap sudut rumah sakit milik Pemko Medan ini tersedia tong sampah, sampah tetap saja dibiarkan berserakan di jalan dan lorong rumah sakit. Seorang pengunjung rumah sakit, Ahmad, 38, warga Medan Tembung mengatakan, lantaran masih banyak sampah yang bertebaran, kondisi rumah sakit terlihat kumuh. “Di sini sampah masih dibuang sembarangan oleh pemerintah pengunjung, terutama di dekat pot bunga atau taman-taman. Jadi sangat merusak pemandangan,” ucapnya kemarin.

Warga lainnya, S Lubis, 41, juga mengeluhkan hal serupa. Bukan hanya membuat ling-kungan rumah sakit tampak kumuh, sampah-sampah ini bila dibuang secara sembarangan akan menimbulkan dampak kesehatan.

“Sampah yang dibiarkan begitu saja akan mengundang serangga, seperti lalat, kecoa, kutu, dan lain-lain yang membawa kuman penyakit. Penyakit nosokomial di rumah sakit saja sudah banyak. Seharusnya jangan ditambah lagi dengan sampah,” tandasnya.

Direktur Utama RSUD dr Pirngadi Medan Edwin Effendi membenarkan banyaknya sampah yang berserakan di lingkungan rumah sakit. Pembersihan terus dilakukan petugas kebersihan rumah sakit. Pengawasan juga dilakukan oleh petugas keamanan. Sayangnya, masih banyak pengunjung yang membuang sampah sembarangan.

“Jadwal pembersihan sudah ditata, peringatan membuang sampah pada tempatnya juga sudah kita buat. Tapi masih saja ada yang lolos, dan membuang sampah sembarangan di sini,” ungkapnya.

Edwin berharap pengunjung dan pegawai rumah sakit lebih meningkatkan kepedulian akan kebersihan lingkungan. Dengan lingkungan yang bersih, suasana rumah sakit akan semakin nyaman dan penyakit akibat sampah bisa dihindari.

Siti Amelia
(ftr)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.1233 seconds (0.1#10.140)