9 PSK Jalanan Terinfeksi Virus HIV/AIDS

Jum'at, 12 Desember 2014 - 02:08 WIB
9 PSK Jalanan Terinfeksi Virus HIV/AIDS
9 PSK Jalanan Terinfeksi Virus HIV/AIDS
A A A
PASURUAN - Dalam kurun waktu dua bulan terakhir, razia ketertiban yang digelar Satpol PP terhadap Pekerja Seks Komersial (PSK) jalanan, mendeteksi sembilan orang yang terinfeksi virus HIV/AIDS.

Virus mematikan ini diketahui setelah PSK yang terjaring razia dilakukan pemeriksaan darah. Pemeriksaan kesehatan yang bekerja sama dengan Dinas Kesehatan ini diantaranya tes darah.

"Pemeriksaan darah ini dilakukan uji laboratorium. Selama dua bulan terakhir, tercatat ada sembilan PSK yang terinfeksi HIV/Aids," kata Kasi Ops dan Ketertiban Satpol PP Kabupaten Pasuruan Ajar Dolar, kepada wartawan, Kamis (11/12/2014).

Menurutnya, para PSK juga dilakukan pembinaan mental, dan rohani, agar segera meninggalkan profesinya. Agar memiliki efek jera, para PSK ini diserahkan pada Pengadilan Negeri (PN) Bangil untuk menjalani persidangan tindak pidana ringan.

"Terhadap mereka yang terifeksi HIV/AIDS, dilakukan pengawasan melalui petugas puskesmas tempat mereka berasal. Kami berharap agar mereka segera meninggalkan profesinya," terang Ajar Dolar.

Pada operasi rutin yang digelar di sejumlah warung remang-remang, Rabu 10 Desember 2014 malam, petugas Satpol PP menjaring 11 orang PSK. Dari jumlah tersebut, dua orang di antaranya diketahui terinfeksi virus HIV/AIDS melalui huhungan seks.

Sementara pada beberapa kali razia sebelumnya, petugas mengindikasikan tujuh orang terinfeksi virus HIV/Aids.

"Operasi ketertiban ini dilakukan secara berkala. Selain untuk menjaga dan memelihara ketertiban lingkungan, juga untuk menertibkan penyakit masyarakat yang selama ini dianggap meresahkan," tukasnya.
(san)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 1.3131 seconds (0.1#10.140)