Salatiga Kota Kecil Segudang Prestasi

Kamis, 11 Desember 2014 - 10:32 WIB
Salatiga Kota Kecil Segudang Prestasi
Salatiga Kota Kecil Segudang Prestasi
A A A
SALATIGA - Predikat Salatiga sebagai kota segudang prestasi, khususnya di bidang pendidikan dan olahraga tidak hanya jargon saja. Selama kepemimpinan Wali Kota Yuliyanto dan Wakil Wali Kota Muh Haris, Salatiga telah mengantongi ratusan prestasi tingkat regional hingga internasional.

Adapun prestasi pendidikan tingkat internasional yang diperoleh antara lain, lomba lari kelompok usia 35 ke atas yang diraih guru SDN Salatiga 10, Siti Fatimah; juara III lomba Olimpiade Ilmu Sosial tingkat Asean yang diraih siswa SMAN I dan Juara I Asian Youth Championship 2013 yang diraih Beni Santoso dari SMAN 3.

Prestasi tingkat nasional yang peroleh, di antaranya juara II anugerah konstitusi bagi guru kewarganegaraan yang diraih guru SMP Stella Matutina, Virene Irida Pramuduaningrum, Irida Pramuduangningrum; juara I OSN Fisika Guru SMP yang diraih guru SMPN 7 Yati Kurniawati; juara I pemilihan guru, kepala sekolah, pengawas berdedikasi yang diraih Windarti (tutor paket C); juara I instruktur tata rias rambut apresiasi PTK PAUDNI yang diraih Yustina Denik Risyanti.

Selain itu, medali emas olimpiade penelitian siswa Indonesia sains terapan yang diperoleh FA Brian Ganda Pratama dari SMAN, juara I LKS kelistrikan yang diperoleh SMK Muhammadiyah, dan juara I olimpiade sains nasional SD IPA yang diperoleh Hanif Al Husaini dari SDN Salatiga 01.

Tak hanya itu, sepanjang 2014 ini Kota Salatiga juga telah meraih sejumlah prestasi yang mengharumkan nama kota kecil yang pada zaman Pemerintahan Kolonial Belanda, mendapat julukan de schoonste stad van midden Java atau kota terindah di Jawa Tengah ini.

Prestasi tersebut antara lain piagam penghargaan dari Badan Kepegawaian Negara (BKN) atas pelaksanaan seleksi calon pegawai negeri sipil (CPNS) secara transparan, akuntabel, adil, serta bebas KKN dengan metode computer assisted test (CAT). Selanjutnya, September lalu Salatiga kembali memperoleh penghargaan Wahana Tata Nugraha bidang lalu lintas.

Pada 2014 ini Salatiga juga masuk 10 besar nasional penilaian Laporan Penyelenggaraan Pemerintah Daerah (LPPD). Kemudian di bidang pendidikan, dua siswa SMAN 1 Salatiga, yakni Dwi Indah Anggraini dan Gigih Setyawan terpilih mewakili Indonesia bersama 9 pelajar lain untuk mengikuti kompetisi Intel International Science and Engineering Fair di Los Angeles, Amerika Serikat.

Kedika Diri Amanda, siswa SMAN 1 Salatiga meraih medali emas olimpiade geografi dan geosains yang digelar ITB Bandung. Selanjutnya, SMPN 6 Salatiga dan SD Marsudirini 77 mendapat penghargaan Sekolah Adiwiyata Nasional.

Di bidang pertanian, Salatiga meraih penghargaan dari Menteri Pertanian atas peran aktif dalam peningkatan pembangunan di bidang pertanian. Penghargaan tersebut diberikan saat Pekan Nasional (Penas) XIV Petani Nelayan 2014.

Wali Kota Salatiga Yuliyanto mengatakan prestasi tersebut merupakan salah satu wujud keberhasilan Pemkot Salatiga dalam upaya mencerdaskan kehidupan bangsa dan mencerdaskan generasi penerus bangsa yang beriman, bertakwa, dan berakhlak mulia serta menguasai ilmu pengetahuan dan teknologi. Selain juga bentuk keberhasilan Pemkot Salatiga menyelenggarakanpemerintahanyangbaik, bersih, dan transparan.

“Saya bangga dengan prestasi telah diraih. Saya siap memberikan dukungan upaya peningkatan prestasi serta pengembangan bakat, ilmu pengetahuan, pembangunan, dan pelayanan publik,” katanya.

Angga Rosa
(ftr)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.4304 seconds (0.1#10.140)