Kampoeng Karet Dibidik Jadi Lokasi Pemasaran

Jum'at, 05 Desember 2014 - 03:08 WIB
Kampoeng Karet Dibidik Jadi Lokasi Pemasaran
Kampoeng Karet Dibidik Jadi Lokasi Pemasaran
A A A
KARANGANYAR - Kawasan Kampoeng Karet milik PT Perkebunan Nusantara IX (PTPN IX) Batujamus dibidik perajin asal Kecamatan Ngargoyoso, Karanganyar, Jateng, sebagai lokasi memasarkan produk.

Kawasan wisata berbasis edukasi tersebut dinilai cocok dikemas untuk pemberdayaan ekonomi masyarakat lokal.

Camat Ngargoyoso Tyas Ngambar Widyowati mengatakan, respon wisatawan terhadap produk kerajinan asal Ngargoyoso saat promosi di Kampoeng Karet beberapa waktu lalu cukup bagus. Perajin bahkan mengusulkan event promosi digelar setiap akhir pekan.

“Karena hasilnya menggembirakan, maka kini dijajaki lagi event serupa secara kontinyu,” kata Tyas Ngambar Widyowati, Kamis (4/12/2014). Produk kerajinan yang dihasilkan di antaranya sangkar burung, payung dekorasi, aksesori hingga makanan kering olahan.

Pihaknya berharap manajemen PTPN IX Batujamus memberikan fasilitas dan perizinan. Pasalnya, salah satu kendala yang dihadapi adalah belum adanya jaringan listrik. Selain itu, Kampoeng Karet merupakan milik perusahaan BUMN yang tentunya harus ada pembayaran kontribusi.

Kampoeng Karet sendiri terletak di Dusun Kenteng, Desa Puntukrejo, Ngargoyoso dengan luas lahan 300 hektare. Lokasi sengaja dibuat berdekatan dengan kawasan wisata alam di lereng Gunung Lawu yakni Candi Sukuh, Candi Cheto, kebun teh Kemuning, air tejun Jumok dan air terjun Parangijo.

“Manajemen mendukung perajin lokal menjajakan produk pertanian yang dikemas sesuai cita rasa Kampoeng Karet,” kata Administratur PTPN IX Batujamus, Agus Hargiyanto.

Sebagai kawasan wisata berbasis edukasi, di lingkungan Kampoeng Karet juga dikembangkan sejumlah usaha pertanian dan peternakan yang bisa dipelajari bagi siswa sekolah.

Sedangkan fasilitas yang disediakan di antaranya untuk outbond, kolam renang, jogging track, motor ATV track, penginapan nuasa alam dan bumi perkemahan.

Dia yakin pertumbuhan ekonomi para pelaku usaha lokal di sekitarnya turut berkembang seiring ramainya kunjungan di Kampoeng Karet.
(lis)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 1.5964 seconds (0.1#10.140)