Jelang Natal, Kesiapan Persenjataan Kodim Diperiksa laras

Kamis, 04 Desember 2014 - 11:52 WIB
Jelang Natal, Kesiapan Persenjataan Kodim Diperiksa laras
Jelang Natal, Kesiapan Persenjataan Kodim Diperiksa laras
A A A
SUKOHARJO - Detasemen Peralatan (Denpal) B 04 Surakarta, kemarin memeriksa senjata api dan amunisi bahan peledak (muhandak) milik Kodim 0726 Sukoharjo.

Pemeriksaan sebagai persiapan dan antisipasi kemungkinan terjadinya aksi teror dan kerawanan menjelang Natal dan Tahun Baru 2015. Kepala Staf Kodim 0726 Sukoharjo Mayor Arh Tjatur Supriyono menjelaskan, dalam pemeriksaan tersebut petugas Denpal ingin melihat kondisi persenjataan, muhandak, serta kendaraan dinas Kodim.

Dengan pemeriksaan tersebut, diharapkan semua persenjataan dan muhandak dalam kondisi terawat siap digunakan. “Pemeriksaan dimaksudkan untuk menjaga kesiapan senjata api baik panjang maupun laras pendek agar selalu dalam kondisi optimal. Seluruh kelengkapan yang berkaitan dengan senjata api dan muhandak di periksa,” katanya kemarin.

Pemeriksaan dilakukan oleh lima personel Tim Pemeliharaan Lapangan Denpal B 04 Surakarta. Pemeriksaan tersebut meliputi kebersihan senjata, keberadaan senjata, kondisi senjata api, peluru yang digunakan, surat izin penggunaan senjata api, sistem administrasi, dan pengamanannya.

Selama ini pemeriksaan memang secara rutin dilakukan sesuai instruksi komando atas. Tjatur mengakui pemeriksaan tersebut berkaitan dengan kondisi keamanan menjelang Natal dan Tahun Baru 2015 yang akan datang.

Termasuk maraknya aksi teror yang terjadi di daerah lain dengan menggunakan senjata api. “Kami terus melakukan pengecekan, pemelihara kesiapan peralatan untuk mengantisipasi hal-hal yang tidak diinginkan,” ujarnya.

Ketua Tim Pemeliharaan Lapangan Denpal B 04 Surakarta Kapten Cpl Basuki mengatakan, kegiatan tersebut merupakan program satuan yang harus di laksanakan secara terus menerus.

Sumarno
(ftr)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.6770 seconds (0.1#10.140)