Pemko Terima Panduan Penanganan Bencana

Selasa, 02 Desember 2014 - 12:58 WIB
Pemko Terima Panduan Penanganan Bencana
Pemko Terima Panduan Penanganan Bencana
A A A
MEDAN - Kepala Tim Program Criminal Investigative Trainning Assistance Program (ICITAP) Amerika Serikat, Andrew Crowell, menyerahkan hasil survei pengurangan risiko bencana sistem komando kejadian (ICS) kepada Wali Kota Medan Dzulmi Eldin di Balai Kota Medan, kemarin (1/12).

Selain wali kota, sejumlah pimpinan SKPD di lingkungan Pemko Medan juga mendapatkan hasil survei berisikan panduanpanduan tentang penanganan bencana di Kota Medan. Menurut Andrew, hasil survei yang diserahkan dalam bentuk buku ini merupakan hasil survei yang telah dilakukan ICITAP pada September dan Oktober 2014.

Tujuan survei ini dilakukan untuk membantu Pemko Medan, terutama SKPD terkait, agar lebih efektif dan efisien menangani bencana yang terjadi. Berdasarkan survei yang dilakukan, kata Andrew, dapat diketahui apa-apa saja yang akan menjadi kebutuhan pada saat bencana terjadi.

Di samping itu, buku hasil survei ini juga memuat masukan-masukan dari pimpinan SKPD maupun sejumlah tambahan terkait bagaimana penanganan bencana yang baik. “Selain itu, dalam buku ini kita juga memasukkan penerapan- penerapan terbaik dalam menangani bencana. Penerapan ini diambil dari sejumlah daerah yang telah disurvei sebelumnya. Berdasarkan survei yang kita lakukan, penanganan bencana yang dilakukan fokus untuk bencana banjir dan kebakaran,” ungkap Andrew.

Untuk itulah, Andrew yang hadir bersama Asistent Director Humanitarian, Ivy Cghristine Oegroseno, selaku Senior Asistance Enforcement Advisor; Iwan Maskun sebagai Project koordionator; dan Trevor Olson mewakili Konjen Amerika Serikat untuk Sumatera, berharap buku yang diserahkan ini menjadi bahan masukan berharga dalam penanganan bencana di Kota Medan.

Andrew selanjutnya tak ingin hubungan yang sudah terjalin baik ini berakhir setelah hasil survei dalam bentuk buku diserahkan. Dia mau hubungan semakin erat, apalagi pihaknya merencanakan akan menurunkan tim ahli untuk mentransferkan ilmunya terkait penanganan bencana.

Wali Kota Medan, Dzulmi Eldin, menyambut baik diserahkannya hasil survei yang telah dilakukan ICITAP guna mengatasi bencana di Kota Medan. Dengan diserahkannya buku hasil survei itu, Pemko Medan telah memiliki standard operational procedure (SOP) dalam menangani masalah bencana, khususnya banjir dan kebakaran.

Sejumlah kekurangan yang ditemukan dalam survei , ungkap Eldin, segera ditindaklanjuti melalui SKPD terkait. Kemudian mantan sekda Kota Medan ini berharap, usai penyerahan buku hasil survei secepatnya diikuti dengan penyerahan bantuan terkait peralatan bencana kepada Pemko Medan. “Kehadiran bantuan peralatan bencana itu tentunya sangat membantu Pemko Medan dalam menangani bencana,” ucap Eldin.

Selain wali kota Medan, buku hasil survei ini juga diserahkan Andrew kepada Polresta Medan yang diterima Wakapolresta AKBP Hondawantri Naibaho; Kadis Pencegah dan Pemadam Kebakaran Marihot Tampubolon; Kepala kantor Bandan Penanggulangan Bencana (BPBD) Kota Medan Hana Lore Simanjuntak; Kadis Bina Marga Khairul Syahnan Lubis; Kadis Kesehatan drg Usma Polita; Kadis Perhubungan Kota Medan Renward Parapat ATD MT; Dinas Kominfo Darusalam Pohan; Kasatpol PP M Sofian; PMI, SAR serta Puskesmas Padang Bulan, Puskesmas Belawan dan Puskesmas Kampung Baru.

Lia Anggia Nasution
(ftr)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.3266 seconds (0.1#10.140)