Warga Tanami Jalan Rusak dengan Pohon

Kamis, 20 November 2014 - 12:14 WIB
Warga Tanami Jalan Rusak dengan Pohon
Warga Tanami Jalan Rusak dengan Pohon
A A A
BANDUNG BARAT - Warga empat RW di Kampung Cibolang, Desa Kertawangi, Kecamatan Cisarua,Kabupaten Bandung Barat menanami jalan rusak dengan pohon pisang.

Aksi itu merupakan puncak kekecewaan warga karena selama ini pemerintah desa dinilai tak bisa memperjuangkan perbaikan jalan yang rusak sejak dua tahun lalu.Padahal jalan tersebut merupakan satu- satunya akses bagi warga Cibolang untuk beraktivitas,terutama untuk mengangkut hasil pertanian. “Ini merupakan luapan kekecewaan masyarakat karena dijanjikan bahwa jalan akan diperbaiki, tapi hingga kini belum juga direalisasikan,” kata seorang warga Kampung Cibolang Dadan Herdian.

Dadan menyebutkan, akses jalan desa yang rusak dan perlu perbaikan mulai dari Cipeusing hingga Cibadak, lalu Bio Farma- Baru Ahad- Cibolang dan akses jalan lain. Walapun sudah melalui musrembang tingkat desa, kecamatan,dan kabupaten, jalan tak pernah diperbaiki dan lolos dari program Pemkab Bandung Barat, baik yang langsung dikerjakan Dinas Bina Marga maupun swakelola desa. “ Keinginan masyarakat tidak pernah digubris,” ujarnya.

Dia juga mengungkapkan, pada 2013 pernah ada pembangunan jalan dari Cibadak- Cipeusing dengan anggaran sebesar Rp150juta, danpem- bangunan jalan mulai Jalan Mekartani sampai Jalan Situ dengan anggaran Rp100juta dan kirmir Rp50juta. Namun itu tidak menyelesaikan masalah karena jalan tidak bertahan lama dan hancur kembali.

“Lihat saja sekarang kondisi jalan seperti apa dan tidak terlihat ada bekas pembangunan jalan sebelumnya,” jelasnya Hal senada, juga disampaikan warga Cipeusing, Nana. Menurutnya, pernah dilakukan perbaikan Jalan Cipeusing awal tahun ini.Namun karena pengerjaanya asal-asalan dalam waktu tiga bulan jalan sudah rusak kembali.

“Ya perbaikannya juga cumadi olas-olesaja, aspalnyajugatipis jadicepatrusak. Apalagisering dilewati truk yang membawa beban berat kian menambah kerusakan jalan,” tuturnya. Selanjutnya masyarakat Desa Kertawangi akan melakukan aksi lebih besar hari ini dengan harapan aspirasi dan tuntutan mendapatkan pelayanan infrastruktur jalan yang baik terpenuhi.

Raden bagja mulyana
(ars)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.9163 seconds (0.1#10.140)