Sumbar-Riau Terputus, Jalur Alternatif Dibuka

Rabu, 19 November 2014 - 11:31 WIB
Sumbar-Riau Terputus, Jalur Alternatif Dibuka
Sumbar-Riau Terputus, Jalur Alternatif Dibuka
A A A
SARILAMAK - Pascaterputusnya jalur darat yang menghubungkan Provinsi Sumatera Barat (Sumbar) dengan Riau, Pemerintah Kabupaten Lima Puluh Kota membuka jalur alternatif di dua titik.

Pihak kepolisian Polres Payakumbuh membuka jalur alternatif menuju Pekanbaru, Riau, di Pasar Piladang. Pertigaan jalan ini terdapat sebelum masuk Pasar Payakumbuh. Pengemudi yang menuju Pekanbaru dialihkan ke jalur jalan kampung ini melalui Solok, Kiliran Jao, hingga keluar di Teluk Kuantan Provinsi Riau.

Dengan melewati jalan ini, jarak tempuh bertambah 200 km dengan waktu tempuh menjadi sembilan jam, dari waktu normal enam jam perjalanan.

Pihak kepolisian meminta pengendara tetap waspada melewati jalur jalan ini, sebab saat ini kawasan Kiliran Jao sedang dilanda banjir. Beberapa ruas jalan masih terendam banjir.

"Mungkin diperkirakan banjir surut nanti sore, nanti baru bisa dilewati kendaraan," kata Kanit Lantas Polsek Akabiluru Aiptu Sural, Rabu (19/11/2014).

Sementara itu, jalur alternatif lain dari Padang menuju Pekanbaru dapat melewati Kabupaten Pasaman. Namun, jalan alternatif ini memiliki jarak tempuh yang lebih jauh. Jalan ini melewati Lubuk Sikaping, Pasaman, masuk ke Gunung Tua Sumatera Utara yang nantinya bisa masuk ke Pekanbaru melalui Dumai.

Jalur alternatif ini tidak disarankan untuk ditempuh karena memakan waktu tambahan lebih dari 12 jam.
(zik)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.6362 seconds (0.1#10.140)