Bupati Meranti Mengaku Kerap Ditekan LSM Asing

Rabu, 19 November 2014 - 02:13 WIB
Bupati Meranti Mengaku Kerap Ditekan LSM Asing
Bupati Meranti Mengaku Kerap Ditekan LSM Asing
A A A
RIAU - Bupati Kepulauan Meranti, Riau, Irwan mengaku sering mendapat tekanan dari LSM/NGO asing terkait masalah lahan dan lingkungan. Keluhan ini disampaikan kepada Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan (LHK) Siti Nurbaya.

" LSM ataupun NGO selalu menekan pemerintah daerah terkait masalah-masalah itu (kebakaran hutan dan lingkungan)," kata Irwan saat melakukan presentasi mengenai kebakaran hutan di wilayahnya di Posko Penanggulangan Asap di Lanud Roesmin Nurjadin, Pekanbaru, Selasa (18/11/2014).

Selain Siti, hadir pula dalam acara pembahasan hutan dan lahan tersebut perwakilan NGO asing, Greenpeace, NGO WALHI dan Jikalari (Jaringan Kerja Penyelamat Hutan Riau).

Seharusnya, NGO melakukan dialog dan menghasut warga untuk menekan Pemkab Meranti.

"NGO tidak mau diajak duduk bersama untuk menyelesaian masalah. Malah mendemo dengan warga yang jumlahnya sampai ribuan. Seharunya NGO bisa duduk bersama mencari jalan keluarnya," ucapnya.

Terkait masalah kebakaran di wilayahnya yang beberapa waktu lalu terjadi, dia meminta semua pihak untuk bisa menyelesaikan masalah kebakaran hutan di Riau yang sudah terjadi selama 17 tahun.

Selasa (18/11/2014), Menteri LHK Siti Nurbaya datang ke Riau untuk meninjau dan mencari akar masalah kebakaran hutan dan lahan. Dia juga menegaskan akan selalu mengawasi gerak-gerik NGO. "Apabila diketahui kalau NGO ditunggangi kepentingan asing, pemerintah akan menjaga aset Nasional."
(lis)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.7707 seconds (0.1#10.140)