Kasal Resmikan Lanal Nias

Selasa, 18 November 2014 - 12:09 WIB
Kasal Resmikan Lanal Nias
Kasal Resmikan Lanal Nias
A A A
SIBOLGA - Kepala Staf Angkatan Laut (Kasal) Laksamana Marsetio direncanakan mengunjungi tiga wilayah tugas Pangkalan Komando Armada Barat II Padang tepatnya di Pantai Barat Sumut meliputi Kota Sibolga, Kabupaten Tapteng, dan Nias, hari ini (Selasa, 18/11).

Pasi Intel TNI AL Pangkalan Angkatan Laut (Lanal) Sibolga, Kapten (E) Arief S mengatakan, kegiatan kedinasan yang akan dilaksanakan Kasal Laksamana Marsetio antara lain melihat secara dekat tentang perkembangan Lanal Sibolga sebagai salah satu jajaran TNI AL di wilayah pantai barat Sumatera Utara (Sumut).

Kemudian juga akan meresmikan lapangan tembak BO Hutagalung di lahan TNI AL di Labuhan Angin, Kecamatan Tapian Nauli, Kabupaten Tapteng. Selain itu, juga meresmikan renovasi monumen perjuangan Oswald Siahaan, salah satu pahlawan nasional yang gugur dalam pertempuran Tapian Nauli pada 1948 melawan pasukan Belanda.

“Dalam kesempatan ini pula Kasal Marsetio akan meresmikan pembentukan Pangkalan TNI AL (Lanal) Kepulauan Nias di Teluk Dalam, Kabupaten Nias Selatan, sebagai salah satu wujud Rencana Strategis Pertahanan (Renstrahan) Maritim.

Pembangunan gelar pangkalan yang berada di pulau terluar wilayah pantai barat Sumut ini untuk menanggulangi segala bentuk kerawanan dan ancaman dari Samudra Hindia serta sebagai benteng pertahanan,” ungkap Kapten (E) Arief. Kapten (E) Arief juga mengungkapkan, dalam peresmian nanti diharapkan Lanal Nias yang berada di Kepulauan Nias itu dapat berfungsi sebagai unsur pendukung kegiatan operasi laut gugus tempur dan gugus keamanan laut bagi unsur KRI dan pesawat TNI AL yang beroperasi di wilayah pantai barat Sumatera.

“Peresmian Lanal Nias oleh Kasal akan dihadiri unsur Kepala Daerah (KDh) se-kepulauan Nias, Muspida, Pimpinan TNI/Polri daerah, serta undangan. Kegiatan tersebut akan dimeriahkan dengan atraksi ketangkasan bela diri kolonel senapan dan terjun payung oleh personel TNI AL,” katanya.

Jonny simatupang
(ars)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.7523 seconds (0.1#10.140)