Gempa Bumi, Kemensos Turunkan Tim ke Maluku dan Manado

Sabtu, 15 November 2014 - 17:50 WIB
Gempa Bumi, Kemensos Turunkan Tim ke Maluku dan Manado
Gempa Bumi, Kemensos Turunkan Tim ke Maluku dan Manado
A A A
MAKASSAR - Kementerian Sosial (Kemensos) mengirim tim ke dua lokasi terkena gempa, yakni di Maluku Utara dan Manado. Kedua tim ini akan berangkat malam ini dari Jakarta, menggunakan pesawat reguler.

"Nanti malam akan berangkat. Tim ini akan memiliki data. Saya sudah instrusikan ke Tagana yang di bawah koordinasi langsung Mensos untuk berkordinasi dengan BMKG, BNNP, dan termasuk Unit Reaksi Cepat (URC)," ujar Menteri Sosial Khofifah Indar Parawansa di sela-sela kunjungan kerjanya di Makassar, Sabtu (15/11/2014).

Ditambahkan dia, pihaknya mengetahui adanya gempa bumi pukul 09.30 Wita, melalui Menteri Sekretaris Negara (Mensesneg).

"Tadi pagi, di Kota Banjarmasin telah dilakukan apel siap siaga bencana. Untuk kondisi gempa kerusakan dan pengungsian warga, pihaknya belum menerima hasil secara detailnya, namun informasi dari Maluku Utara ada beberapa rumah yang rusak," ungkapnya.

Dia melanjutkan, jika ada pengungsi yang membutuhkan menyediakan dapur umum, dan beras, ada di Kota Makassar. Begitupula dengan peralatan seperti matras, tenda, dan sebagainya, sudah disiapkan di Makassar.

"100 ton itu kewenangan bupati setempat, 200 ton kewenangan Gubernur, dan di atas 200 ton adalah Kementerian Sosial. Itu posisinya pembagian beras. Bupati bisa membuka Dolog di tempat wilayahnya," pungkasnya.
(san)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.8999 seconds (0.1#10.140)