Gempa Bumi Susulan Masih Terjadi di Manado

Sabtu, 15 November 2014 - 13:32 WIB
Gempa Bumi Susulan Masih Terjadi di Manado
Gempa Bumi Susulan Masih Terjadi di Manado
A A A
MANADO - Prakirawan Gempa Stasiun Meteorologi, Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) Sulut Nur Fitriani mengatakan, masyarakat harus tetap waspada walau gempa sudah melewati masa kritis.

"Saat ini, kami masih terus melakukan pantauan. Update terbaru akan terus kami informasikan 60 menit ke depan. Karena itu, warga yang beraktivitas di dalam, maupun luar ruangan tetap wasapada," terangnya, kepada wartawan, Sabtu (15/11/2014).

Daerah di Sulut, termasuk Manado, harus tetap waspada tsunami. Pasalnya saat ini sudah masuk dalam status siaga. "Daerah siaga tsunami yakni Manado, Sanghie, Bolsel, dan Minut. Ketinggian gelombang saat ini 0,5-3 meter," terangnya.

Gempa yang baru terjadi dengan skala 7,3 SR pukul 10.31 Wita hari ini, sebenarnya ada lagi gempa susulan, namun tidak terlalu dirasakan. "Kekuatan gempa susulan tersebu 6,3 SR kemudian disusul 5 SR. Saat ini sudah melewati masa kritis, tapi tetap harus diwaspadai," tukasnya.

Sebelumnya diberitakan, Gempa bumi mengguncang Kota Manado. Seluruh warga panik, dan lari berhamburan ke luar rumah, maupun tempat kerja mereka. Arus kendaraan pun berhenti mendadak di tengah jalan.

Sopir dan para penumpang lari mencari tempat jauh dari bangunan tinggi. Gempa bumi yang mengguncang hari ini, jauh lebih besar dari gempa yang sebelumnya terjadi. Hal ini membuat warga panik, bahkan sejumlah orang tampak histeris.
(san)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.3773 seconds (0.1#10.140)