Gara-gara Rokok, Kapal Pesiar Pemkab Mentawai Terbakar

Jum'at, 07 November 2014 - 09:00 WIB
Gara-gara Rokok, Kapal...
Gara-gara Rokok, Kapal Pesiar Pemkab Mentawai Terbakar
A A A
MENTAWAI - Satu unit kapal pesiar milik Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Mentawai, Provinsi Sumatera Barat, terbakar di kawasan Pelabuhan Perikanan Samudera Bungus Kota Padang, pada Kamis 6 November 2014 malam.

Diduga, peristiwa ini terjadi akibat percikan rokok saat mengisi bahan bakar kapal. Beruntung, tidak ada korban jiwa dalam peristiwa ini. Namun diperkirakan, kerugian mencapai ratusan juta rupiah.

Peristiwa ini sontak membuat panik para pemilik kapal lainnya, dan warga yang ada di sekitar pelabuhan tersebut. Mereka pun berhamburan menjauhi pelabuhan, karena takut ledakan dan sambaran api ke kapal lain yang tengah bersandar.

Kebakaran ini meludeskan seluruh bagian kapal pesiar milik Pemkab Mentawai yang bernama Taileleu dengan jenis kapal speed ini dalam satu jam. Kapal cepat milik ini biasanya digunakan untuk transportasi para pejabat.

Menurut saksi mata, kebakaran terjadi saat petugas kapal tengah mengisi air tawar, setelah mengisi bahan bakar kapal tersebut.

Saat ini, peristiwa tersebut masih dalam penyelidikan pihak kawasan Lantamal II Kota Padang. Dugaan sementara, penyebabnya berasal dari percikan api rokok salah seorang petugas kapal di bagian pengisian bahan bakar.

Sebanyak satu unit mobil Pemadam Kebakaran Kota Padang dikerahkan ke lokasi kejadian. Api berhasil dipadamkan setelah dua jam kemudian. Tidak ada korban jiwa dalam peristiwa ini, namun diperkirakan kerugian mencapai ratusan juta rupiah.
(san)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 1.0331 seconds (0.1#10.140)