Undip Gandeng Damandiri

Selasa, 04 November 2014 - 11:47 WIB
Undip Gandeng Damandiri
Undip Gandeng Damandiri
A A A
SEMARANG - Undip bekerjasama dengan Yayasan Damandiri menggelar Lomba Pos Pemberdayaan Keluarga (Posdaya) dan Pemberian Penghargaan Posdaya Terbaik Tingkat Jawa Tengah, di Hotel Grand Candi Semarang, kemarin.

Program Posdaya adalah program kuliah kerja nyata (KKN) yang dilakukan oleh mahasiswa dari berbagai perguruan tinggi untuk memberdayakan masyarakat di daerah yang menjadi tujuan KKN. Melalui pemberdayaan masyarakat setempat, kesejahteraan ekonomi warga juga dapat ditingkatkan.

Rektor Undip Prof Sudharto P Hadi mengatakan bahwa program Posdaya adalah upaya untuk menumbuhkan kemandirian pada masyarakat melalui pengembangan potensi yang sudah ada di daerahnya. "Mahasiswa dan pembimbing KKN adalah pendamping di daerah untuk pengembangan program Posdaya karena perguruan tinggi harus bisa memberikan kontribusinya secara nyata di dalam masyarakat," ujarnya di sela kegiatan tersebut.

Ketua Lembaga Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat (LPPM) Undip Prof Ocky Karna Radjasa mengatakan, sesuai dengan tujuan utama pembangunan millenium atau Millenium Development Goals (MDG’s) di Indonesia, pengentasan kemiskinan merupakan prioritas utama.

"Nah, melalui Posdaya, masyarakat dapat diberdayakan untuk pengentasan kemiskinan. Sedangkan kerjasama yang kita jalin dengan Damandiri, itu karena visi misi Damandiri sinkron dengan sasaran utama KKN yang dilakukan Undip. Yakni kepedulian dan komitmen tinggi terhadap pengembangan Sumberdaya Manusia (SDM), khususnya melalui pemberdayaan keluarga dengan prioritas pada pengentasan kemiskinan," bebernya.

Mengenai lomba Posdaya tingkat Jateng itu, kata dia, merupakan lanjutan dari lomba serupa pada tingkat wilayah yang sudah digelar empat bulan lalu. Pada lomba tingkat wilayah itu, Jateng dibagi menjadi empat wilayah. "Untuk Jateng I dengan Koordinator LPPM Undip, Jateng II dengan Koordinator LPPM UNS, Jateng III dengan Koordinator LPPM Unsoed, dan Jateng IV dengan Koordinator LPPM Universitas Pancasila Sakti Tegal," tukasnya.

Pada lomba tingkat Jateng ini, diikuti 12 Posdaya terbaik dengan ragam lomba antara lain paparan atau presentasi kegiatan POSDAYA, cerdas cermat, wawancara, pameran poster, dan lainnya. “Kegiatan ini dimaksudkan untuk memberikan pencerahan bagi civitas akademika perguruan tinggi di Jateng agar mampu mengalirkan pemikiran-pemikirannya,” katanya.

Sekretaris Yayasan Damandiri Subianto Cakrawardaya mengungkapkan bahwa program Posdaya bertujuan untuk memberdayakan masyarakat untuk bekerja keras dan cerdas sehingga mampu mengangkat derajat kehidupannya menjadi sejahtera, mandiri dan bermartabat.

Susilo Himawan
(ftr)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.5668 seconds (0.1#10.140)