Antisipasi Banjir Lahar Gunung Slamet, BPBD Buat Tanggul Darurat

Kamis, 30 Oktober 2014 - 00:03 WIB
Antisipasi Banjir Lahar Gunung Slamet, BPBD Buat Tanggul Darurat
Antisipasi Banjir Lahar Gunung Slamet, BPBD Buat Tanggul Darurat
A A A
PEMALANG - Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Pemalang akan membuat tanggul darurat untuk mengantisipasi banjir yang membawa material vulkanik dari Gunung Slamet.

Tanggul darurat akan dibuat di titik rawan Sungai Comal. "Tanggul darurat berupa karung berisi pasir akan kami siapkan. Ancaman banjir material vulkanik memang kami waspadai," kata Kepala BPBD Pemalang Wismo, Rabu (29/10/2014).

Menurut Wismo, terdapat tujuh kecamatan yang dilintasi Sungai Comal. Aparat pemerintah di kecamatan-kecamatan tersebut sudah diminta untuk memberikan imbauan ke warga untuk berhati-hati. "Kita sudah imbau masyarakat untuk waspada."

Sungai Comal merupakan salah satu sungai yang berhulu ke Gunung Slamet. Selain itu, ada Sungai Gung di Kabupaten Tegal. Dikhawatirkan, saat hujan deras, material vulkanik yang menumpuk di gunung tertinggi kedua di Pulau Jawa itu ikut terbawa arus air ke sungai.

Saat musim hujan akhir Januari lalu, Sungai Comal sempat meluap dan merendam ribuan rumah di enam kecamatan dengan ketinggian rata-rata 1,5 meter. Banjir mengakibatkan ribuan warga mengungsi ke tempat-tempat yang lebih aman.

"Semoga musim hujan nanti tidak sampai banjir. Info dari BMKG, hujan kali ini juga normal, tidak seperti sebelumnya."
(zik)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.6203 seconds (0.1#10.140)