PJU Dicuri, Pemkot Manado Rugi Rp864 Juta

Rabu, 22 Oktober 2014 - 13:52 WIB
PJU Dicuri, Pemkot Manado Rugi Rp864 Juta
PJU Dicuri, Pemkot Manado Rugi Rp864 Juta
A A A
MANADO - Pemerintah Kota (Pemkot) Manado mengungkapkan, ratusan komponen penerangan jalan umum (PJU) jenis solar cell yang dipasang di 579 titik di Kota Manado lenyap. Akibatnya, Pemkot merugi Rp864 juta.

Diduga, hilangnya ratusan komponen PJU tersebut disebabkan adanya orang-orang tak bertanggung jawab yang mencurinya. "Ini berdasarkan laporan masyarakat yang masuk ke Dinas Tata Kota," jelas Kadis Tata Kota Manado BJ Mailangkay, Rabu (22/10/2014).

Meski demikian, dia mengaku telah menurunkan tim teknis untuk melakukan pemeriksaan di empat ruas jalan utama selama empat hari. "Hasil pemeriksaan tersebut menunjukkan, secara keseluruhan, pemkot kehilangan 382 baterai, 191 buah Solar Charge Control, dan dua tiang beserta komponen solar cell," akunya.

Selain itu, atas arahan dan petunjuk langsung wali kota, dia mengaku sudah menyampaikan laporan tertulis ke Polresta Manado. "Tinggal menunggu proses hukum selanjutnya. Karena program ini sangat strategis saat listrik sering padam. Kami berharap pihak kepolisian dapat segera menanganinya," harapnya.

Sementara itu, Wali Kota Manado Vicky Lumentut mengemukakan keprihatinannya. "Dana solar cell bersumber dari APBD murni. Artinya, sistem penerangan tersebut dibiayai dengan uang rakyat. Jadi kalau sekarang dicuri, bukan hanya pemkot yang mengalami kerugian," kata Vicky.

Menurutnya, lokasi PJU solar cell yang biasanya terang benderang di malam hari, kini dipastikan gelap gulita. Kondisi ini tentu membuka peluang terjadinya hal-hal yang tidak kita inginkan.

"Saya sudah memerintahkan jajaran pemkot baik Dinas Tata Kota dan instansi terkait lainnya untuk membuat laporan polisi dan menyerahkan penanganannya ke pihak Polresta Manado," ujarnya.
(zik)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 1.1233 seconds (0.1#10.140)