Pemkot Bandung Bangun Taman Gizi

Sabtu, 11 Oktober 2014 - 01:14 WIB
Pemkot Bandung Bangun Taman Gizi
Pemkot Bandung Bangun Taman Gizi
A A A
BANDUNG - Setelah merevitalisasi dan mengaktivasi sejumlah taman dengan berbagai tema, Kota Bandung kini memiliki taman baru dengan mengusung tema olahraga, yakni Taman Gizi di Jalan Teuku Umar.

Taman Gizi merupakan taman tematik yang kembali dibangun Pemerintah Kota (Pemkot) Bandung. Taman tersebut berada di Jalan Teuku Umar, yang lokasinya tidak jauh dari Universitas Padjadaran (Unpad) Bandung.

Dalam taman tersebut terdapat enam alat fitnes dengan berbagai fungsi. Alat-alat itu nampak menarik karena dicat dengan warna-warna cerah.

Jumat (10/10/2014) sore, warga terlihat asyik mencoba beragam alat fitnes yang masih nampak baru. Anak muda dan orang tua secara bergantian menggunakan alat yang biasanya ditemui di pusat-pusat kebugaran tersebut. "Sekarang bisa siapa aja pakai alat fitnes," ujar Zaenal (22) salah seorang warga Bandung.

Wali Kota Bandung Ridwan Kamil, menyatakan, Taman Gizi dibangun dalam rangka memulai program Bandung Sehat. Rencananya alat fitnes luar ruangan (outdoor) juga akan dipasang di sejumlah taman lainnya.

"Ini adalah program Bandung Sehat yang nanti muncul di seluruh wilayah Bandung," ungkapnya.

Di negara-negara maju, pemasangan alat fitnes di luar ruangan telah lazim dilakukan. Selain lebih sehat, suasana luar ruangan menambah rasa nyaman saat berolah raga.

Kepala Dinas Permakaman dan Pertamanan Kota Bandung Arief Prasetya mengaku baru satu pekan memasang peralatan fitnes di taman tersebut. Taman ini merupakan taman tematik yang diberi nama Taman Gizi. "Kami sudah memasang alat fitnes sepekan yang lalu," ucap Arief.

Arief menuturkan, pemasangan alat kesehatan tersebut menghabiskan anggaran hingga Rp200 juta. Sumber anggarannya berasal dari Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD) Kota Bandung.

Selain dipasang alat fitnes, juga akan dipasangi fasilitas lainnya, seperti perbaikan lapangan sepak bola, jogging track, terapi batu, dan fasilitas pendukung lainnya. "Ke depan akan ada toilet, perpustakaan, lampu taman dan bangku taman," pungkasnya.
(lis)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.5072 seconds (0.1#10.140)