Buang Hati Sapi Mengandung Cacing!

Sabtu, 04 Oktober 2014 - 19:21 WIB
Buang Hati Sapi Mengandung Cacing!
Buang Hati Sapi Mengandung Cacing!
A A A
BANJARNEGARA - Masyarakat Banjarnegara mesti berhati-hati saat akan mengonsumsi daging kurban. Sebab, hari ini petugas Dinas Peternakan Kabupaten Banjarnegara, Jawa Tengah, menemukan sejumlah hati sapi mengandung cacing.

Hati sapi yang mengandung cacing ini ditemukan petugas Dinas Peternakan Kabupaten Banjarnegara yang melakukan pemeriksaan ke sejumlah titik penyembelihan hewan kurban yang dilaksanakan pada hari Sabtu (4/10/2014).

Dari sejumlah titik penyembelihan hewan kurban, petugas menemukan tiga sapi yang menderita penyakit cacing hati. Hati sapi yang mengandung cacing bisa dilihat secara langsung dengan tanda memiliki warna kekuning-kuningan, pucat, dan berlubang. Cacing hati ini bersembunyi pada rongga dan saluran hati dengan bentuk pipih dan berwana keputihan. Cacing baru bisa dilihat setelah ditarik dan diletakan di tangan.

Petugas melakukan sosialisasi pada masyarakat untuk tidak mengonsumsi daging sapi yang mengandung cacing hati, karena dapat berisiko dan berbahaya bagi kesehatan. "Ada baiknya hati sapi yang mengandung cacing dibuang atau dimusnahkan," kata Siti Maechasoh, petugas Dinas Peternakan Kabupaten Banjarnegara.

Menurut Siti, penyebab sapi terkena cacing hati ini karena para peternak kurang menjaga kebersihan kandang dan kebersihan makanan sapi. Pengetahuan bahaya cacing hati selama ini belum banyak diketahui warga.

Hati sapi yang kedapatan mengandung cacing selanjutnya dibuang dan dimanfaatkan warga untuk pakan ikan. Sementara, daging dan hati yang segar dan sehat, aman untuk dikonsumsi, tentu dengan proses pemasakan yang benar dan matang.
(zik)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.4310 seconds (0.1#10.140)