Obat Aborsi Ternyata Obat Keras Khusus Maag

Kamis, 02 Oktober 2014 - 14:06 WIB
Obat Aborsi Ternyata Obat Keras Khusus Maag
Obat Aborsi Ternyata Obat Keras Khusus Maag
A A A
BANDUNG - Obat aborsi yang dijual secara bebas oleh Kankan Irawan alias Dimas (32), dalam blog-nya ternyata hanya obat khusus penderita maag y‎ang memiliki efek bisa menggugurkan kandungan seseorang.

Hal itu diungkapkan oleh Kepala Bidang (Kabid) Pengendalian Penyakit dan Penyehatan Lingkungan (P2PL) Dinkes Kota Bandung Susatyo Triwilopo, yang juga Kepala Penyidik PPNS Dinkes Kota Bandung.

"Sebetulnya ini bukan obat khusus aborsi, tapi hanya mengambil efek sam‎pingnya saja, dari obat maag ini. Seperti dextromethorphan (deksto) yang disalahgunakan biar fly, karena memiliki efek memenangkan dan bisa tidur," katanya, kepada wartawan, Kamis (2/10/2014).

Menurutnya, obat yang dijual oleh Dimas, sebenarnya adalah obat ilegal yang keras, khusus penderita maag yang bisa dibeli dengan resep dokter. Untuk itu, pihaknya bersama kepolisian akan mengusut dan melakukan penyelidikan.

"Ini obat legal. Ada yang lisensi luar negeri. Kita selidiki apakah ada keterlibatan orang dalam, bukan hanya yang menjual bebas, tapi memberikan info mengenai efek obat ini yang disalahgunakan tersangka," terangnya.

‎Disinggung soal langkah kedepan, Susatyo menegaskan, pihaknya akan menginstruksikan jajarannya untuk bekerjasama dengan pihak kepolisian melakukan pengawasan lanjutan, agar obat-obat tersebut tidak kembali disalahgunakan.

Seperti diketahui, dalam kasus ini pihak kepolisian telah mengamankan beberapa barang bukti obat aborsi dari tangan Dimas. Obat-obat tersebut, di antaranya Gastrul, Cytotec, Ampicilin, dan jamu bersalin merek Sido Muncul.
(san)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.3329 seconds (0.1#10.140)