5.000 Titik Lampu Jalan Kota Bandung Mati

Selasa, 30 September 2014 - 03:00 WIB
5.000 Titik Lampu Jalan Kota Bandung Mati
5.000 Titik Lampu Jalan Kota Bandung Mati
A A A
BANDUNG - Sebanyak 5.000 titik lampu Penerangan Jalan Umum (PJU) di Kota Bandung mati.
Sebagian besar PJU yang rusak, dikarenakan massa pemakaian yang telah habis.

Selain itu beberapa komponen PJU juga hilang dicuri oleh orang tak bertanggung jawab.

"Dari total 27.000 titik PJU di seluruh Kota Bandung, 20% PJU di antaranya mati. Idealnya, sesuai umur lampu bisa sampai 20.000 jam. Setelah 20.000 jam baru diganti. Jadi tidak menunggu sampai padam,"ujar Kepala Seksi PJU Dinas Bina Marga dan Pengairan (DBMP) Kota Bandung Yusuf Gumilar, Senin (29/9/2014).

Yusuf menuturkan, sejumlah PJU yang rusak tersebar di beberapa wilayah di Kota Bandung. Hampir sebagian dari jumlah PJU rusak, dalam kondisi mati total.

"Kalo lihat dari pengaduan, kebanyakan PJU yang padam terjadi di pemukiman warga. Selain itu, ada juga beberapa PJU yang padam karena ada komponen yang dicuri," papar Yusuf.

Untuk mengantisipasi hal itu, kata Yusuf, pihaknya rutin melakukan pemeliharan PJU dengan melakukan pengecekan PJU ke beberapa wilayah.

Untuk pemeliharaan PJU, Yusuf mengerahkan beberapa regu yang nantinya bertugas untuk mengontrol PJU.

"Pemeliharaan PJU dari DBMP kita kegiatan perbaikan rutin setiap hari siang dan malam terjadwalkan. Ada enam regu masing-masing regu jumlah orangnya ada 4-5 orang,"ungkapnya.

Saat ini lanjut Yusuf, pihaknya secara bertahap sudah mulai memperbaiki beberapa PJU yang rusak. Beberpa PJU yang sudah diperbaiki berada di ruas jalan-jalan protokol.

"Dulu di Jalan Soekarno Hatta tidak nyala, tapi sekarang sudah kami perbaiki secara bertahap. Alhamdulillah sekarang mah pada nyala,"katanya.

Yusuf menjelaskan, pihaknya juga akan melakukan pemasangan PJU baru di beberapa titik. Termasuk pemasangan PJU dekoratif.

"PJU dekoratif ini yang memiliki tema-tema tertentu seperti gaya tempo dulu, klasik dan old school. Rencana pemasangan baru seperti di Jalan Braga. Selain di braga, selanjutnya akan dipasang juga ke ruas jalan lain," tandasnya.
(ilo)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.4909 seconds (0.1#10.140)