Kota Pagaralam Juga Diselimuti Kabut Asap

Kamis, 18 September 2014 - 18:43 WIB
Kota Pagaralam Juga Diselimuti Kabut Asap
Kota Pagaralam Juga Diselimuti Kabut Asap
A A A
PAGARALAM - Kota Pagaralam juga diselimuti kabut asap akibat kebakaran lahan yang melanda sejumlah tempat di Sumsel. Asap sangat dirasakan pada malam hari karena membuat batuk-batuk. Sementara, pada saat pagi hari membuat jarak pandang sangat pendek.

Herian (32) saat ini cuaca di Kota Pagaralam sangat panas. Biasanya, jika panas seperti sekarang ini pemandangan akan terang. Namun, nyatanya pemandangan menjadi tidak terlihat lantaran diselimuti kabut asap.

"Jika musim hujan Kota Pagaralam akan diselimuti kabut embun dari Gunung Dempo. Namun, dimusim kemarau saat ini Kota Pagaralam juga tertutup kabut, bukan embun tetapi asap," kata dia.

Dengan kondisi seperti sekarang ini, jelas dia, membuat aktivitas warga Kota Pagaralam menjadi terganggu. Apalagi, kabut asap yang ada ini mengganggu kesehatan karena membuat batuk-batuk dan sesak napas. "Kalau mau tidur malam sering sesak napas. Hal ini karena asap sangat masuk kedalam rumah," paparnya.

Sementara itu, Kepala Pos Pemantau Gunung Api Dempo Mulyadi menuturkan, saat ini pemantauan secara visualisasi yang pihaknya lakukan sedikit terganggu. Hal ini karena puncak Gunung Api Dempo samar-samar terlihat karena tertutup kabut asap.

"Kami cukup terganggu karena puncak Gunung Api Dempo tertutup kabut asap. Namun, meskipun pemantauan secara visualisasi tidak bisa dilakukan dengan maksimal, kita melakukan pemantauan melalui alat seismograf," kata dia.

Kepala Dinas Kesehatan Kota Pagaralam Roshan YM menambahkan, ketika keluar rumah atau sedang berkendara, kiranya masyarakat dapat menggunakan masker. Dengan begitu, masyarakat akan terjaga pernapasannya. Apalagi, kabut asap ini kerap menjadi pemicu terjadinya inspeksi saluran pernapasan atas (Ispa).

"Untuk menjaga diri kiranya masyarakat dapat menggunakan masker. Dengan begitu, kondisi kesehatan akan tetap terjaga," tukasnya.
(sms)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.6916 seconds (0.1#10.140)