148 Titik Api Kepung Muaraenim

Selasa, 16 September 2014 - 22:10 WIB
148 Titik Api Kepung Muaraenim
148 Titik Api Kepung Muaraenim
A A A
MUARAENIM - Kasi Polisi Kehutanan (Polhut) Dishut Muaraenim Yuli Surya Darma mengatakan, sebanyak 148 titik api atau hotspot, terpantau di wilayah Kabupaten Muaraenim, sepanjang bulan September 2014.

“Posisinya menyebar dibeberapa kecamatan dalam wilayah Muaraenim dan memang ada beberapat lokasi yang memang titik apinya lumayan banyak dan besar,” katanya, kepada wartawan, Selasa (16/9/2014).

Dia menambahkan, berdasarkan pantauan satelit National Oceanic and Atmospheric Administration (NOAA) 18 dan satelit Tera Aqua, titik api tersebut menyebar di seluruh kecamatan Muaraenim.

"Kecamatan yang terpantau memiliki hotspot antara lain Kecamatan Lubai, Lubai Ulu, Sungai Rotan, Muara Belida, Lembang, Rambang Dangku, Rambang, Gunung Megang, Ujan Mas, Muara Enim, Lawang Kidul, Semendo Darat Ulu, dan Tanjung Agung," terangnya.

Hotspot yang terpantau di Muaraenim, lebih disebabkan oleh pembukaan lahan pertanian atau perkebunan baru milik warga. Secara luasan, titik api tersebut dikisaran 1-2 Ha. Sedangkan kebakaran besar seperti kebakaran hutan, tidak ada.

"Tetapi ada satu titik api atau spot yang lumayan besar. Di mana lokasi yang terbakar merupakan areal perkebunan sawit milik perkebunan swasta yang terletak di kawasan Teluk Limau," ungkapnya.

Terpisah, Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Muaraenim Sastro Alimanudin mengatakan, untuk mengantisipasi dan menanggulangi ancaman kebakaran hutan dan lahan, pihaknya membuat surat edaran khususnya ke perusahaan-perusahaan.

"Terutama, perusahaan yang memiliki hak guna usahan (HGU) lahan dalam wilayah Muaraenim. Semuanya kita minta waspada dan menyiapkan sarana dan prasaranana untuk menanggulangi bencana kebakaran," ungkapnya.
(san)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.5879 seconds (0.1#10.140)