Ini Penjelasan Fenomena Asap Slamet Berbentuk Cincin

Kamis, 11 September 2014 - 22:20 WIB
Ini Penjelasan Fenomena Asap Slamet Berbentuk Cincin
Ini Penjelasan Fenomena Asap Slamet Berbentuk Cincin
A A A
PEMALANG - Gunung Slamet sempat mengeluarkan letusan asap berbentuk lingkaran menyerupai cincin Kamis (11/9/2014).

Fenomena tersebut merupakan hal yang wajar terjadi saat gunung api mengeluarkan magma dari permukaan kawah.

Petugas Pos Pengamatan Gunung Api Slamet Desa Gambuhan, Kecamatan Pulosari, Kabupaten Pemalang Sukedi mengatakan, asap putih yang keluar membentuk lingkaran menyerupai cincin ada hubungannya dengan tempat keluar magma dari dapur kawah.

"Itu (asap berbetuk seperti) cincin yang keluar jangan personifikasikan Gunung Slamet sedang mantu," kata Sukedi kepada Sindonews.com, Kamis (11/9/2014).

Sukedi menjelaskan, di dalam perut gunung terdapat dapur magma yang selalu berproduksi. Magma yang terdesak naik ke permukaan kawah bergerak keluar melalui jalur yang berbentuk menyerupai pipa.

"Ketika sampai puncak membawa material yang sangat banyak. Keluar lewat cerobong magma yang bulat sehingga keluarnya juga bulat. Seperti ketika orang merokok itu, keluar asapnya bisa bulat," terang Sukedi.

Sebelumnya, letusan Gunung Slamet terlihat melingkar menyerupai cincin, tadi siang. Awalnya gunung yang berada di perbatasan lima kabupaten di Jawa Tengah itu mengeluarkan dentuman cukup keras satu kali.

"Selang beberapa detik kemudian, keluar asap putih tebal yang membumbung setinggi ratusan meter. Hembusan asap itu meninggalkan lingkaran asap menyerupi cincin," ujar Fahrurozi, warga Desa Tuwel, kepada Sindonews, Kamis (11/9/2014).

Dia melanjutkan, asap unik itu bertahan hingga lima menit, sebelum pudar terbawa angin. Sejumlah warga yang melihat pemandangan unik itu segera mengabadikannya melalui kamera telepon seluler.
(ilo)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.5868 seconds (0.1#10.140)