8 Pendaki Gunung Papandayan Ditemukan Selamat

Rabu, 27 Agustus 2014 - 14:59 WIB
8 Pendaki Gunung Papandayan Ditemukan Selamat
8 Pendaki Gunung Papandayan Ditemukan Selamat
A A A
GARUT - Delapan pendaki asal Bandung yang tersesat di Gunung Panpandayan, Kecamatan Cisurupan, Kabupaten Garut, Jawa Barat, berhasil ditemukan. Mereka ditemukan di wilayah Kecamatan Pangalengan, Kabupaten Bandung.

Komandan Kodim 0611 Garut Letkol Infanteri Bungkus Hadi Suseno mengatakan, kedelapan pendaki ini sebelumnya dilaporkan hilang dan tersesat pada Sabtu 23 Agustus 2014. Laporan hilang itu diterima Kodim 0611, baru pagi tadi.

“Kami baru menerima laporan ada pendaki yang tersesat tadi pagi. Begitu menerima laporan, sejak pagi itu juga personel TNI di wilayah Cisurupan dikerahkan untuk segera melakukan upaya pencarian. Namun, pada siang ini delapan pendaki itu sudah ditemukan dan berada di wilayah Kecamatan Pangalengan, Kabupaten Bandung,” kata Dandim, Rabu (27/8/2014).

Selain anggota TNI, upaya pencarian juga melibatkan unsur Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Garut dan Basarnas. Dengan ditemukannya para pendaki, Hadi pun menginstruksikan personelnya untuk ditarik dari Gunung Papandayan.

“Personel sudah kami tarik kembali. Kini penanganan atas kedelapan orang itu ada pada pihak berwenang di wilayah Bandung,” terangnya.

Sementara itu, Kepala Pelaksana BPBD Kabupaten Garut Dikdik Hendrajaya mengatakan, kedelapan pendaki ini merupakan warga Bandung. Namun demikian, pihaknya tidak mendapatkan informasi mengenai detail para pendaki tersebut.

“Sebelum masuk ke Gunung Papandayan, mereka sempat melapor ke petugas pos jaga di gerbang Gunung Papandayan untuk melakukan pendakian dan camping di sana. Namun, mereka tidak melakukan kontak kembali dengan petugas. Bahkan setelah beberapa hari setelahnya," ungkapnya.

Kemudian, pihaknya langsung menggelar koordinasi untuk melakukan upaya pencarian. Saat itu, pihaknya hanya mendapatkan informasi para pendaki berasal dari Bumi Panyileukan Bandung.

Lebih lanjut, dia mengimbau kepada seluruh pendaki yang akan melakukan aktivitas pendakian ke sejumlah gunung di Garut untuk mempersiapkan diri dan perlengkapan secara matang. Koordinasi dengan cara melapor dan meminta nomor kontak petugas pos jaga disekitar gunung sangat diperlukan jika terjadi hal-hal yang tidak diinginkan.

“Selama ini tidak begitu, sehingga banyak yang tersesat. Nomor kontak petugas sangat penting jika terjadi sesuatu di gunung. Pendaki juga harus memiliki kompas yang baik sebelum melakukan kegiatannya agar tidak tersesat,” tandasnya.

Adapun dua gunung api yang kerap menjadi tujuan menarik bagi para pendaki adalah Gunung Guntur di wilayah Kecamatan Tarogong dan Gunung Papandayan di Kecamatan Cisurupan.
(san)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.7068 seconds (0.1#10.140)