Dokumen Sumber Air Umbulan Ditemukan di Belanda

Senin, 25 Agustus 2014 - 02:16 WIB
Dokumen Sumber Air Umbulan Ditemukan di Belanda
Dokumen Sumber Air Umbulan Ditemukan di Belanda
A A A
PASURUAN - Upaya Pemkot Pasuruan untuk mempertahankan hak kepemilikan atas lahan sumber mata air Umbulan, di Kecamatan Winongan Kabupaten Pasuruan tak sia-sia.

Setelah melakukan penelusuran ke negeri Belanda, Pemkot Pasuruan berhasil menemukan dokumen yang berisi sumber air Umbulan.

Dokumen yang berbahasa Belanda ini menjadi penting sebagai bahan kelengkapan sertifikasi lahan yang berlokasi diwilayah Kabupaten Pasuruan.

Dokumen ini diharapkan juga sebagai penguat Pemkot Pasuruan untuk mendapatkan priveleg (hak keistimewaan) atas rencana pengeloaan proyek sumber air Umbulan oleh Pemprov Jatim.

Pada masa pemerintahan Belanda, sumber air Umbulan yang dikelola oleh “Inlado-Water Bedrijf” ini dialirkan untuk masyarakat Belanda yang bermukim di Kota Pasuruan dan Surabaya.

Sebagai kota bandar pelabuhan dan kota karesidenan, pengelolaan sumber air Umbulan ini akhirnya diserahkan dan dikuasai Stang/Gameenli Van Off Pasoeroean.

Sekretaris Kota (Sekkota) Pasuruan Bahrul Ulum mengungkapkan, saat ini dokumen berbahasa Belanda tengah diterjemahkan ke dalam bahasa Indonesia.

Translater dokumen ini adalah lembaga yang legalitasnya diakui pemerintah. Sehingga hasil terjemahan dokumen tersebut bisa menjadi referensi dan memiliki legalitas.

"Penerjemah dokumen berbahasa Belanda ini memiliki legalitas yang diakui pemerintah. Kami berharap, hasil terjemahan ini semakin memperkuat posisi Pemkot Pasuruan sebagai pemilik sah atas lahan sumber air Umbulan," kata Bahrul Ulum.
(whb)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.6204 seconds (0.1#10.140)