Danau Batur Letuskan Belerang

Selasa, 19 Agustus 2014 - 16:02 WIB
Danau Batur Letuskan Belerang
Danau Batur Letuskan Belerang
A A A
DENPASAR - Letusan belerang di dasar Danau Batur Kiantami Bangli, mengakibatkan ikan-ikan di dalam danau mabuk atau lengeh.

Kepala Dinas Kelautaan dan Perikanan Provinsi Bali Made Gunaja menjelaskan, letusan belerang tersebut karena saat ini memasuki musim pancaroba.

Gunaja juga, pakan ikan didasar mengendap akibat cuaca yang berubah-ubah akan muncul di permukaan danui, Danau Batur akan mengalami perubahan, dan bisa mengakibatkan ikan keracunan.

“Danau Batur ini seperti air di dalam mangkuk tidak ada aliranya, sehingga pakan ikan itu mengendap di dasar danau. Ketika terjadi perubahan cuaca, dia akan bermetamorfosis atau mencuat dipermukaan,” terang Gunaja, di Denpasar, Selasa (19/8/2014).

Untuk meringankan beban masyarakat sekitar, Dinas Kelautan dan Perikanan menyiapkan bantuan benih ikan dan pakan yang senilai Rp1 miliar. Tahun 2011 lalu, pihak provinsi melalui Dinas Kelautan dan Perikanan memberikan bantauan sekitar Rp2,5 miliar.

“Untuk tahun ini kemungkinanya hanya sekitar Rp1 miliar, itu nanti berupa bibit ikan dan pakan ikan, menurunnya bantuan ini juga karena anggaran yang sedikit,” tukasnya.
(san)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 1.0027 seconds (0.1#10.140)