Kebakaran di Gunung Lawu, Pendakian Ditutup

Senin, 18 Agustus 2014 - 09:24 WIB
Kebakaran di Gunung Lawu, Pendakian Ditutup
Kebakaran di Gunung Lawu, Pendakian Ditutup
A A A
KARANGANYAR - Kebakaran melanda kawasan Gunung Lawu, tepatnya di titik antara pos 4 sampai 5 jalur pendakian Cemoro Sewu. Asap terlihat membumbung dari area kebakaran semak belukar dan ilalang.

Diduga, api berasal dari perapian yang tidak dimatikan. Guna mengantisipasi hal terburuk, jalur pendakian dari Cemoro Kandang. di Kecamatan Tawangmangu Karanganyar, Jawa Tengah, maupun Cemoro Sewu di Kabupaten Magetan, Jawa Timur, untuk sementara ditutup.

Peristiwa kebakaran mulai diketahui sejak Sabtu 16 Agustus 2014 malam. Api terus membesar hingga beberapa hektare. Ratusan pendaki yang terlanjur mendekati puncak Gunung Lawu, diminta bertahan di lokasi yang aman. Sedangkan yang masih di perjalanan diminta untuk kembali turun.

“Selanjutnya, para pendaki yang berada di atas titik api dievakuasi ke Pos Hargodalem. Lokasi itu paling aman dari radius kebakaran dan asap,” kata Sujarot, relawan komunitas Anak Gunung Lawu (AGL), Senin (18/8/2014).

Pihaknya bersama relawan terus berupaya melakukan penyisiran, guna memperingatkan pendaki agar mematuhi prosedur darurat yang telah ditetapkan. Selanjutnya, jalur kepulangan dari puncak Lawu, seluruhnya dialihkan melalui jalur pendakian Cemoro Kandang.

Pendaki tidak akan menemui titik api jika melewati jalur pendakian yang masuk wilayah Karanganyar tersebut. Diperkirakan, jumlah pendaki yang naik saat malam 17 Agustus mencapai 800 orang, dari berbagai daerah di penjuru tanah air.

Sejauh ini, nyala api terlihat dari Pos Pengamatan Cemoro Sewu yang berjarak ratusan meter dari lokasi. Karena cuaca tengah kering, kebakaran berpotensi lebih meluas. Terlebih, sampai sekarang api belum dapat dijinakkan.

Guna mengantisipasi kemungkikan terburuk, jalur pendakian ke Gunung Lawu ditutup sementara. Pelaksana Harian Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Karanganyar Heru Pratama Aji Kristianto mengatakan, pihaknya telah berkoordinasi dengan BPBD Magetan untuk melakukan upaya pemadaman.

"Sebanyak 80 personel telah diterjunkan untuk memadamkan api secara manual. Untuk melokasir, kami membuat parit agar api tidak merembet lebih luas,” papar Heru.

Anggota SAR Karanganyar bagian operasional Febrian Kurnia Putra mengatakan, kebakaran kemungkinan sulit merembet ke atas, namun telah terpantau menjalar ke bawah. Pihaknya juga memasang relawan di titik rute pendakian guna menghalau pendaki mendekati titik api.
(san)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.6512 seconds (0.1#10.140)