Kapal Tabrak Karang di Perairan Buton, 2 Penumpang Tewas

Selasa, 05 Agustus 2014 - 15:16 WIB
Kapal Tabrak Karang di Perairan Buton, 2 Penumpang Tewas
Kapal Tabrak Karang di Perairan Buton, 2 Penumpang Tewas
A A A
PASAR WAJO - Kapal penumpang antarpulau dari Kota Baubau menuju Kabupaten Wakatobi, Sulawesi Tenggara mengalami kecelakaan di Perairan Pulau Buton. Kapal tersebut menabrak karang. Dua orang tewas dalam insiden kecelakaan tersebut.

Kapal Motor Uki Raya 1 ini memuat penumpang balik Lebaran dari Pelabuhan Murhum, Kota Baubau menuju Pelabuhan Wanci, Kabupaten Wakatobi. Kapal yang memuat sedikitnya 197 penumpang dan awak kapal ini sengaja ditabrakkan ke karang oleh kapten kapal setelah mesin penyedot air mengalami kerusakan dan air telah mulai memenuhi badan kapal akibat hantaman ombak setinggi lima meter. Begitu keterangan Saudin, salah seorang penumpang kapal, Selasa (5/8/2014).

Sebanyak 195 orang penumpang dan awak kapal selamat, sementara dua penumpang lainnya yakni Wa Halifa (3) dan La Aru (37) tewas dalam kecelakaan kapal tersebut.

Kapolres Buton AKBP Fahrurrozi mengatakan, seluruh penumpang telah dievakuasi ke darat. Sementara, jenazah korban telah dibawa ke rumah sakit. Korban kritis juga telah ditangani oleh petugas medis.

KM Uki Raya 1 karam Selasa (5/8/2014) sekitar pukul 03.00 WITA di Perairan Buton, Desa Wasampela. Menurut informasi dari kepolisian, penumpang yang tercatat dalam manifes sebanyak 92 orang dewasa dan 9 orang anak-anak. Sementara, penumpang lainnya tidak terdapat dalam manifes kapal.

Sementara itu, Pemerintah Kabupaten Buton telah menurunkan tim medis dari dinas kesehatan setempat untuk membantu korban kecelakaan KM Uki Raya 1 itu.
(zik)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.5959 seconds (0.1#10.140)