Pengumuman Penerimaan Siswa Baru di Jombang Diwarnai Kekacauan

Rabu, 02 Juli 2014 - 04:00 WIB
Pengumuman Penerimaan Siswa Baru di Jombang Diwarnai Kekacauan
Pengumuman Penerimaan Siswa Baru di Jombang Diwarnai Kekacauan
A A A
JOMBANG - Pelaksanaan pengumuman penerimaan siswa baru yang seharusnya berlangsung serentak di Kabupaten Jombang, Jawa Timur, kemarin, berlangsung kacau. Sebab, ada perbedaan pemahaman dalam proses penghitungan kuota.

Adanya kekacauan dalam proses pengumuman penerimaan siswa baru dialami sejumlah sekolah di Kabupaten Jombang, Jawa Timur, seperti di SMU Negeri 1 Kota Jombang. Pengumuman seharusnya disampaikan serentak bersama dengan sekolah-sekolah lain pukul 10.00 WIB. Namun, hingga waktu yang ditentukan pengumuman tak kunjung disampaikan kepada para calon siswa dan orangtua atau wali murid yang sudah menunggu sejak pagi.

Penyebabnya diduga karena adanya kekeliruan pemahaman dalam proses penghitungan kuota jumlah siswa yang diterima dari luar daerah oleh petugas dari Dinas Pendidikan Kabupaten Jombang. Seharusnya, jumlah siswa dari luar daerah yang diterima adalah sebanyak 5 persen dari jumlah kuota jalur umum, tetapi yang dipahami petugas sebelumnya adalah 5 persen dari total pagu.

"Akibatnya, pada saat penentuan atau pengumuman banyak nama siswa dari luar daerah yang akhirnya tergeser dan dinyatakan tidak diterima," kata Fathurahman, Kabid Dikmen Dinas Pendidikan Jombang, Selasa (1/7/2014).

Setelah dilakukan rapat mendadak antara Dinas Pendidikan dengan sejumlah sekolah, akhirnya pengumuman siswa yang diterima baru bisa dilakukan sekitar pukul 11.00 WIB. Meski diwarnai penundaan, para siswa yang dinyatakan diterima dapat bernapas lega dan senang. Sementara, mereka yang tidak diterima langsung mencabut berkas masing-masing untuk dipergunakan mendaftar di sekolah lain.
(zik)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.3444 seconds (0.1#10.140)