Ratusan Warga Jombang Terserang Cikungunya

Kamis, 05 Juni 2014 - 10:24 WIB
Ratusan Warga Jombang Terserang Cikungunya
Ratusan Warga Jombang Terserang Cikungunya
A A A
JOMBANG - Datangnya wabah Cikungunya mulai dirasakan warga di Desa Kauman, Kecamatan Ngoro, Kabupaten Jombang, Jawa Timur sejak sepekan terakhir.

Mereka mengalami gejala panas dingin lalu beberapa hari kemudian merasakan ngilu yang luar biasa pada persendian kaki dan tangannya.

Sejumlah warga mengaku sudah berobat ke puskesmas terdekat, namun sebagian diantaranya kondisinya masih belum membaik dan hanya bisa berbaring di rumah.

Menurut Mukhlisin, salah seorang warga dirinya cemas dan tidak tahan dengan rasa ngilu yang dialami sehingga memilih menjalani rawat inap di puskesmas terdekat.

“Sebab dengan rawat inap pengobatannya bisa lebih intensif sehingga rasa ngilu yang dikeluhkan bisa berkurang, “ ujarnya, Kamis (5/6/2014).

Kepala Puskesmas Bareng Andri Suharyono mengaku, belum bisa memastikan jenis penyakit yang menyerang warga adalah Cikungunya.

Namun dilihat dari gejalanya memang ada tanda-tanda yang menyerupai dengan gejala serangan Cikungunya.

Dia mengingatkan masyarakat di musim pancaroba seperti sekarang hendaknya lebih serius menjaga kebersihan lingkungannya sebab jika lingkungan kotor nyamuk penyebab Cikungunya menjadi lebih mudah berkembang.

Apalagi, lanjut dia, dari data Dinas Kesehatan Kabupaten Jombang sejak lima bulan terakhir sudah lebih dari 100 orang yang dilaporkan terserang Cikungunya.

“Umumnya mereka masih dapat ditangani dan sembuh setelah menjalani pemeriksaan dan pengobatan di puskesmas atau rumah sakit terdekat, “ kata Andri.
(sms)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.7915 seconds (0.1#10.140)