Ini Makanan Berbahan Kimia

Sabtu, 31 Mei 2014 - 03:01 WIB
Ini Makanan Berbahan Kimia
Ini Makanan Berbahan Kimia
A A A
GARUT - Kasubdit Keamanan Pangan Badan Ketahanan Pangan (BKP) Garut, Yaumi Rusyanti, membeberkan sejumlah makanan yang biasa ditemukan memiliki kandungan bahan kimia.

Bahan kimia biasanya terkandung dalam beragam jenis makanan yang sifatnya jajanan murah, jajanan anak, hingga makanan hasil industri rumah tangga.

“Makanan-makanan ini tersebar ada yang di pasar tradisional, ada yang dijual di sekolahan untuk jajanan anak, serta ada juga yang dijual di warung-warung. Biasanya juga dijual dengan cara ditanggung atau didorong dengan menggunakan roda,” kata Yaumi, Jumat (30/5/2014).

Beberapa contoh makanan yang sering ditemukan mengandung bahan kimia ini diantaranya adalah mie basah, bakso daging, bakso tepung (aci), bakso goreng, nugget curah, sosis curah, hingga tahu. Pada mie basah, kandungan kimia yang ditemukan biasanya adalah formalin atau bahan kimia pengawet mayat.

“Pada bakso, termasuk bakso curah, dan juga sosis curah yang biasa dijual di pasar tradisional itu ada yang menggunakan formalin serta ada juga yang menggunakan boraks. Untuk tahu, masih ada yang menggunakan pewarna tekstil, bukan dari pewarna kunyit,” bebernya.

Selain pada makanan, Yaumi pun mengungkapkan kandungan kimia pada bahan makanan berupa terasi yang dijual kiloan. Pada terasi ini terdapat bahan kimia berjenis Rhodamin B.

“Rhodamin B ini merupakan satu zat pewarna sintetis yang biasa digunakan pada industri tekstil dan kertas. Zat ini sebenarnya telah dilarang penggunaannya pada makanan melalui Permenkes No.239/Menkes/Per/V/85. Akan tetapi, anehnya zat ini tetap digunakan pada makanan dan bahan makanan, misalnya terasi kiloan,” paparnya.

Yaumi menjelaskan, penggunaan zat kimia pada makanan akan berdampak buruk bagi kesehatan jika terus menerus dikonsumsi. Dampaknya, kata dia, tidak akan dirasakan sekarang. “Tapi nanti jika ditumpuk terus menerus bisa menimbulkan penyakit tertentu,” pungkasnya.
(lns)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.8270 seconds (0.1#10.140)