BNN Bandung Tes Urine Pengunjung Tempat Hiburan Malam

Senin, 26 Mei 2014 - 17:39 WIB
BNN Bandung Tes Urine Pengunjung Tempat Hiburan Malam
BNN Bandung Tes Urine Pengunjung Tempat Hiburan Malam
A A A
BANDUNG - Angka penyalahgunaan narkoba di Indonesia, khususnya di Kota Bandung, yang terus meningkat dari tahun ke tahun perlu mendapatkan penanganan serius. Untuk itu, akhir pekan kemarin Badan Narkotika Nasional (BNN) Kota Bandung melakukan pemeriksaan dan tes urine di beberapa tempat hiburan malam di Kota Bandung.

Hal ini lantaran di lokasi itulah diduga peredaran narkoba dan barang haram lainnya beredar. Kepala BNN Kota Bandung AKBP Yeni Siti Saodah mengatakan, kegiatan pemeriksaan urine itu digelar BNN Kota Bandung bersama dengan BNN Provinsi Jawa Barat dan Satuan Reserse Narkoba Polrestabes Bandung.

"Sesuai dengan program yang telah dicanangkan oleh BNN, tahun 2014 ini merupakan tahun penyelamatan bagi pecandu dan korban penyalahgunaan narkoba. Maka, kegiatan pemeriksaan tes urine di tempat-tempat hiburan malam semacam ini akan terus dilakukan oleh BNN Kota Bandung secara berkelanjutan dalam rangka mengurangi angka penyalahguna narkoba di Kota Bandung," ujarnya, Senin (26/5/2014).

Dengan kegiatan yang berkelanjutan ini, Yeni mengharapkan penyalahguna narkoba dapat segera direhabilitasi sehingga mereka dapat sembuh dari ketergantungan narkoba.

Pemeriksaan urine dilakukan beberapa tenaga medis yang berasal dari BNN. Bagi pengunjung yang kedapatan membawa atau menggunakan narkoba segera diproses oleh BNN untuk mendapatkan penanganan lebih lanjut. Selain itu, para pengunjung juga diberikan edukasi oleh BNN bahwa para pecandu dan korban penyalahgunaan narkoba lebih baik direhabilitasi daripada dipenjara.

"Kalau dipenjara tidak memberikan efek jera, kemungkinan besar mereka akan melakukan hal yang sama kembali."
(zik)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.5566 seconds (0.1#10.140)