Disperindag Kendal Sidak Pasar Jelang Ramadan

Senin, 26 Mei 2014 - 15:56 WIB
Disperindag Kendal Sidak Pasar Jelang Ramadan
Disperindag Kendal Sidak Pasar Jelang Ramadan
A A A
KENDAL - Dinas Perindustrian dan Perdagangan (Disperindag) Kabupaten Kendal akan melakukan inspeksi mendadak (sidak) di pasar tradisional menjelang Bulan Ramadan. Upaya tersebut guna mengantisipasi kenaikan harga barang kebutuhan pokok di luar harga standar.

Kepala Disperidag Kabupaten Kendal Syukron Syamsul Hadi mengatakan, sidak tersebut akan dilakukan secara rutin terkait harga sejumlah kebutuhan bahan pokok di pasar tradisional. "Sudah mulai dilakukan operasi atau pantauan ke pasar-pasar tradisional. Hal ini kami lakukan guna kestabilan harga bahan pokok," ujarnya, Senin (26/5/2014).

Menurutnya, kenaikan harga bahan pokok di pasar tradisional di luar standar akan merugikan konsumen. Bahkan, dikhawatirkan konsumen akan berpindah ke pasar modern. "Pasar tradisional seharusnya menjadi tempat pemenuhan bahan pokok bagi masyarakat umum dengan harga yang terjangkau," papar dia.

Namun, pihaknya belum menemukan adanya kenaikan harga bahan pokok yang signifikan. Bahkan, menurutnya, harga di pasar tradisional relatif stabil. "Sampai saat ini masih aman dan terjangkau," lanjutnya.

Kabid Pengelolaan Pasar Disperindag Kabupaten Kendal M Yasin menambahkan, di Kabupaten Kendal terdapat 11 pasar tradisional yang dikelola oleh pemerintah setempat. "Kami terus memantau aktivitas pasar yang kami kelola itu dengan maksimal, baik kondisi fisik, perkembangan konsumen, dan harga," katanya.

Dia mengatakan, pasar tradisional di Kabupaten Kendal harus bisa bersaing dengan pasar modern yang mulai menjamur. "Kondisi fisik dan pelayanan harus ditingkatkan. Selain itu, harga barang harus juga dikontrol supaya stabil," tandasnya.
(zik)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 1.1090 seconds (0.1#10.140)