Berat Badan Bayi Kembar Tiga di Kendal Terus Menurun

Senin, 19 Mei 2014 - 18:20 WIB
Berat Badan Bayi Kembar Tiga di Kendal Terus Menurun
Berat Badan Bayi Kembar Tiga di Kendal Terus Menurun
A A A
KENDAL - Kondisi tiga bayi kembar yang lahir dari pasangan Sri Utami (32) dan Teguh Utomo (32), warga Desa Kedungsuren RT 2 RW 4, Kecamatan Kaliwungu Selatan, masih belum membaik. Saat ini, ketiganya masih menjalani perawatan secara intensif di RSUD Dr H Soewondo, Kabupaten Kendal.

Tiga bayi kembar yang lahir Senin (5/5/2014) lalu tersebut adalah Lukman Risqi Hakim, Bisri Rizqi Aditya, dan Kholil Rizkqi Praditya. Sebelumnya, Bisri Rizqi Aditya sempat diperbolehkan pulang karena kondisinya sudah membaik dan berat badan naik. Namun, dia harus kembali menjalani perawatan di ruang inkubator.

Kepala Ruang RSUD Dr H Soewondo Mursianah mengatakan, kondisi berat badan ketiga bayi terus mengalami penurunan. Secara rinci, dia menyebutkan Lukman Risqi Hakim yang lahir pertama dengan berat 1,53 kilogram sekarang beratnya 1,35 kg. Sedangkan Bisri, yang lahir kedua, sebelumnya 1,62 kilogram, turun menjadi menjadi 1,34 kilogram. Kholil yang lahir terakhir, dari 1,47 kilogram turun menjadi 1,11 kilogram.

"Tiga bayi tersebut memang sudah lahir prematur, artinya berat badan kurang dari minimal bayi lahir yakni 2 kilogram. Sehingga berat mereka mengalami penurunan. Bahkan setiap hari kami harus selalu menimbang bayi untuk mengetahui kondisi ketiga bayi sebagai bahan evaluasi bagi dokter yang menanganinya," ujarnya, Senin (19/5/2014).

Namun, pihaknya memastikan kondisi kesehatan bayi masih normal. Bahkan, bayi yang lahir kedua sempat diletakkan di boks supaya beradaptasi dengan suhu ruangan, tetapi mengalami hipotermi yakni suhu bagian tubuh di bawah 36 derajat celcius. "Waktu itu kami coba satu hari, namun bayi mengalami hipotermi, sehingga dokter menginstruksikan bayi dikembalikan ke inkubator," katanya.

Sedangkan kondisi Sri Utami, lanjut dia, justru sakit dan harus menjalani perawatan di Ruang Flamboyan. Teguh Utomo mengirimkan ASI istrinya untuk diminumkan kepada ketiga anaknya. "Tiga bayi tersebut setiap hari meminum ASI dari sang ibu. ASI tersebut diminumkan ke tiga anak memakai pipet," papar dia.

Kepala Bagian Humas RSUD Kendal Endang Setyorini menambahkan, tiga bayi itu ditangani oleh tiga dokter anak yakni Rifai, Dewi, dan Firza. Pihaknya belum memberikan kepastian kapan bayi kembar tersebut diizinkan pulang. "Masih menjalani perawatan, karena berat badannya belum normal," tandasnya.
(zik)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.7098 seconds (0.1#10.140)
pixels