Ini ciri seseorang memiliki sifat faedofilia

Rabu, 07 Mei 2014 - 09:24 WIB
Ini ciri seseorang memiliki...
Ini ciri seseorang memiliki sifat faedofilia
A A A
Sindonews.com - Kasus kejahatan seksual yang berawal dari penyimpangan prilaku seksual seseorang, marak terjadi. Salah satunya adalah kasus faedofilia seperti Andri Sobari alias Emon.

Ketua Komnas Perlindungan Anak (PA) Arist Merdeka Sirait mengimbau, masyarakat bisa mengetahui sejak dini ciri-ciri orang yang memiliki sifat faedofilia.

“Biasanya mereka (pedofilia) memiliki sifat obsesi. Dia akan terus mengejar sasaran yang telah ditentukan,” jelasnya, kepada wartawan, Rabu (7/5/2014).

Untuk masalah korban, pelaku faedofilia memiliki dua kemungkinan. Yakni memfokuskan terhadap anak yang menjadi obsesinya, atau berprilaku layaknya sebagai predator yang memangsa siapa pun anak yang ada didepan matanya.

“Seperti Emon ini. Dia itu pengakuannya setiap ada anak yang masuk ke kolam renang (Lio Santa) akan dia sergap. Walau pun pengakuannya tidak semua disodomi, tapi ada juga yang hanya dipegang bahunya,” ungkapnya.

Sementara itu, Waka Polda Jabar Brifjen Pol Rycko Amela Daniel menambahkan, ada beberapa sifat dari seorang faedofil lainnya yang harus diketahui.

“Mereka ini memiliki ciri-ciri khusus, seperti memiliki sifat yang agresif dan introvert. Hal ini perlu diketahui bukan hanya oleh orangtua, tapi juga dikenalkan sejak dini terhadap anak-anak,” jelasnya.

Pihaknya berharap, dengan serangkaian kasus yang terjadi saat ini bisa menjadi pelajaran bagi pemerintah untuk melakukan pencegahan dengan menunjuk instansi yang tepat.

Rycko mengungkapkan, dengan kasus Emon ini pihaknya akan melakukan penelitian lebih mendalam dan mensingkronkan antara hipotesis dan empiris.

“Jadi nanti kita bisa membuat kesimpulan dan garis besar ciri-ciri seorang faedofilia. Hal itu agar kita bisa melakukann upaya pencegahan, bimbingan, dan juga memberikan public awareness,” tukasnya.
(san)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.4762 seconds (0.1#10.140)