Kantor BPN Garut digeruduk massa

Rabu, 07 Mei 2014 - 01:19 WIB
Kantor BPN Garut digeruduk massa
Kantor BPN Garut digeruduk massa
A A A
Sindonews.com - Kantor Badan Pertanahan Nasional (BPN) Garut di Jalan Pramuka digeruduk puluhan orang. Akibatnya, pelayanan di kantor ini sempat dihentikan sementara hingga berjam-jam lamanya.

Massa yang menamakan diri LSM GMBI ini menggelar aksi lantaran mereka kesal oleh adanya pungli terhadap warga yang akan membuat sertifikat tanah milik mereka. Dalam aksinya, massa menuding ada oknum yang meminta sejumlah uang terhadap warga pemilik tanah hingga mencapai ratusan ribu rupiah.

"Masyarakat pemilik tanah dalam program nasional dipungut sampai ratusan ribu rupiah. Padahal seharusnya program ini gratis dari pungutan karena sudah ditanggung pemerintah," kata koordinator massa GMBI Ganda Permana, Selasa (6/5/2014).

Menurutnya, selama ini para pemilik tanah telah dibodohi oleh adanya pungutan liar tersebut. Ganda menambahkan, pihaknya memint agar BPN segera memeriksa para petugas BPN untuk menyelidiki adanya pungutan liar ini.

"Tanah di Garut ada 2.000 bidang. Berapa hasil keuntungan oknum itu jika tiap pemilik sebidang tanah yang akan disertifikatkan harus membayar pungutan," ujarnya.

Massa, kata dia, juga meminta agar BPN segera menyelesaikan masalah pungutan ini. Jika tidak, ia akan kembali menggelar demo dengan jumlah massa yang lebih banyak lagi.
(lns)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 2.4267 seconds (0.1#10.140)